Tahun Baru Imlek.

BANDUNG.SJN COM.-Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 dalam Penanggalan kalender Tiongkok 1 Cia Gwee (Zheng Yue) 2572

Ada beberapa sebutan untuk penanggalan Imlek. Nama aslinya ialah Xia Li(Penanggalan Dinasti Xia)Dinamai Xia Li karena Dinasti Xia(2205-1766 SM) adalah yang pertama tercatat menggunakan Penanggalan ini. Nama Sebutan lain ialah Nong Li (Penanggalan Petani)karena tahun barunya dimulai saat menjelang musim semi, dan perhtungan perhitungan musimnya sangat cocok untuk para petani. Tahun baru Imlek Dinamai Pula Kong Zi Li (Penanggalan Kong Zi). Dalam Kitab Lun Yu. Di tuliskan Yan Yuan bertanya bagaimana mengatur Pemerintahan. Nabi bersabda Pakailah Penanggalan Dinasti Xia…(Kitab Lun Yu XV;11).Mengapa Kong Zi sambil mengucapkan sabda itu dan Bagaimana Raja Han Wu Di sampai menetapkan sebagai penanggalan resmi? Kongzi yang hidup pada jaman Dinasti Zhou(1122-255 SM.) Merasa sistem peninggalan Dinasti Zhou yang Tahun Barunya di tetapkan pada haro Dongzhi(Tangcik/Winter Soltice-Pertengahan Musim Dingin) kurang Sesuai dengan kepentingan rakyat banyak yang hidup sebagai petani.

Pada Jaman Dahulu untuk menunjukkan kekuasaannya, tiap Dinasti Selalu menggunakan sistem penanggalan yang berbeda. Perbedaan Penanggalan ini terutama mengenai saat hari tahun barunya.

Dinasti Xia menetapkan Tahun Baru pada saat Jian Yin(saat kejadian manusia, Zheng Yue Cia Gwee sekarang ini) Dinasti Yin atau Dinasti Shang(1766-1222SM) menetapkan tahun baru imlek saat Jian Chou(Saat kejadian bumi, yaitu bulan baru atau tanggal satu Shi-er Yue Cap Ji Gwee)seperti sekarang ini. Dinasti Zhou menetapkan saat Jian Zi(Saat kejadian langit, yaitu bulan bari Shi Yi Yue Cap iey Gwee atau tepatnya saat Dong Zhi (Tang Cik/21-22 Desember) Di dalam Penghidupan Rakyat jelata pada jaman dahulu penetapan saat tahun baru memegang peranan penting karena penetapan itu menjadi pedoman mereka menyiapkan pekerjaan di dalam tahun mendatang. Pada jaman kuno tidak ada catatan penanggalan yang dimiliki oleh Rakyat Sendiri, karena tidak ada alat tulis seperti sekarang. Mereka menanti Saat saat datangnya Tahun Baru dari Petugas Kerajaan yang setiap tahun baru memberitakan maklumat maklumat raja. Didalam kitab Shu Jing. Bagian Kitab Dinasti Xia ditulis. “Tiap tahun pada saat datang permulaan musim semi(Meng Chun) diperintahkanlah orang dengan membawa Mu Duo (Genta Logam yang dipukul dengan kayu)berjalan sepanjang jalan. Dinasti Xia menetapkan Tahun Bari pada saat menjelang musim semi . Maka utusan Raja pun dikirim pada saat itu. Demikian pula Dinasti Yin atau Shang menetapkan tahun Baru pada akhir musim dingin atau Ji Dong dan Dinasti Zhou menetapkan tahun baru pada musim dingin, Zhong Dong atau Dong Zhi. Maka mereka akan mengutus orang pada bulan penetapan itu..Dari uraian diatas dapat disimpulkan Dinasti Xia jauh lebih bijaksana karena berita datangnya Tahun Baru tepat sebagai Perintah segera menyiapkan pekerjaan untuk tahun mendatang. Sedangkan Dinasti Yin dan Zhou rakyat masih harus menanti satu dua bulan melalui musin dingin. Kong Zhi mencurahkan perhatian untuk kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat berkata kepada Yan Hui agar menggunakan penanggalan Dinasti Xia untik melaksanakan pemerintahan yang baik. Terhadap anjuran Kong zi tak ada raja atau raja muda Dinasti Zhou yang mau menerimanya karena penanggalan adalah lambang suatu Dinasti.. Dinasti Zhou runtuh pada tahun 255 SM. Dan berdiri Dinasti Qin (255-206 SM) yang juga mengganti sistem penanggalan dan saat Tahun barunya justru dimajukan sebulan, sekarang bulan Shi Yue (Cap Gwee). Dinasti Qin tidak lama memerintah, pada kaisar yang kedua Er Shi Huang Di. Dinasti Qin ditumbangkan oleh seorang pemberontak dari Negara Chu bergelar Chu Ba Wan bersama rekannya, Liu Bang. Setelah Dinasti Qin runtuh, terjadi perselisihan antara dua pemimpin pemberontak. Chu Ba Wang akhirnya kalah dan berdirilah Dinasti Han dengan Liu Bang sebagai raja dan bergelar Gao Zhu. Kaisar Han Wu Di (140-86 SM) menetapkan agama Kong Hu Cu sebagai agama negara.

Pada tahun 104 SM sistem penanggalan yang diusulkan Kong Zhi ditetapkan sebagai Penanggalan Negara Tiongkok. Sebagai penghornatan kepada Kong Zhi perhitungan tahun pertama Kalender Imlek di tetapkan oleh Kaisar Han Wu Di dihitung sejak kelahiran Kongzhi yaitu tahun 551 SM. Itulah sebabnya kalender imlek lebih awal 551 tahun di banding kalender Masehi jika sekarang bertahun 2021 maka kalender imlek bertahun 2021 +551=2572

Jika penanggalan Yin Yang Li atau Im Yang Lek dan sekarang lbh dikenal sbg sebagai penanggalan imlek telah ada sejak zaman Huang Di lalu mulai digunakan pada saat dinasti Xia. Pada zaman dinasti Xia, awal tahun baru adalah pada awal musim semi, tepatnya saat Lichun (tgl 4 februari). Namun awal tahun baru ini oleh dinasti Shang dimajukan 1 bulan, jadi pada saat akhir musim dingin. Saat zaman dinasti Zhou awal tahun baru adalah di puncak musim dingin, saat dong zhi (21/22 desember). Saat dinasti Qin tahun barunya maju lagi satu bulan. Mesti diketahui Kaisar Han Wu Di adalah kaisar dinasti Han yang menetapkan Khonghucu sebagai agama dan falsafah negara, dia mendengarkan nasihat Dong Zhong Shu, seorang cendekiawan Khonghucu yang tentu saja sangat memperhatikan sabda Nabi Kongzi dalam kitab Lunyu agar menggunakan penanggalan dinastI Xia spt terdapat dalam Lunyu XV: 11. Namun penanggalan tersebut disempurnakan, awal tahun barunya bukan saat li chun tapi antara saat da han dan yushui seperti telah dijelaskan di atas. Hal tersebut dilakukan agar musim tanam dapat dimulai tepat waktu, yaitu dimulai saat tanggal 15 ketika salju telah benar benar mencair. Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa tahun baru dalam penanggalan im yang lek atau yin yang li berubah dari dinasti ke dinasti. Kalau orang mengatakan bahwa tahun baru imlek adalah Huang Di Era, maka mereka merayakan tahun baru tidak seperti xin nian atau sincia sekarang ini, mungkin mereka merayakan tahun baru setiap tahun tanggal 4 februari.Itu dimulai sejak tahun 104 s.M, saat Kaisar Han Wu Di menetapkan mengubah awal tahun baru atau xin nian atau sincia menjadi antara saat da han (20 Januari) hingga saat Yushui (19 Februari). Sejak Zaman Dinasti Han hingga sekarang tahun baru imlek atau Sin Cun atau Xin Nian. Tahun ini kita rayakan 12 Februari 2021. Ucapan yang di ucapkan Sin Cun Kiong Hie artinya Selamat menyambut musim semi.

Dalam tahun baru Imlek saat ini marilah kita berbagi. Karena disaat kita berbagi maka rejeki berlimpah kita dapatkan. Apa yang kita tabur akan kita tuai.(Jeremy Huang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.