Regional

Bupati Garut Khawatirkan OTG Covid-19 Berkeliaran di Kabupaten Garut

GARUT.SJN COM.-Bupati Garut, Rudy Gunawan, menginstruksikan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) untuk meningkatkan penegakkan protokol kesehatan.

“Masalah Covid-19, kita landai, landai, landai, tapi presentasenya 30 persen dari sampel, nah oleh sebab itu saya berharap peningkatan penegakkan disiplin protokol kesehatan Satpol PP segera diluar itu (harus) pakai masker, karena saya yakin dengan kondisi seperti saat ini banyak orang yang OTG (Orang Tanpa Gejala) tetapi positif,” ujar Rudy saat memimpin Apel Gabungan Torbatas, di Lapang Setda Garut, di Jalan Pembangunan, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (28/12/2020).

Rudy menyampaikan, saat ini Kabupaten Garut tidak lagi berada di zona merah zonasi level kewaspadaan Covid-19 di Jawa Barat.“Sekarang kita sudah tidak sedang berada di zona merah, tapi zona orange, tetapi kewaspadaan kita harus lebih ditingkatkan karena kita sudah menyebar, apa mekarmukti sudah tersebar belum ? masih satu yah kecamatan yang masih hijau,” tuturnya.

Ia berharap penggunaan Rapid Antigen dari pemerintah untuk pengetesan Covid-19 di Kabupaten Garut diterapkan dengan hemat dan tidak boros.

“Saya berharap (untuk penanganan) Covid-19 kita sudah ada antigen, antigen itu jangan boros, saya sudah bicara hanya Bupati Garut, satu-satunya bupati dalam kurun waktu sekian (lama) komunikasi dengan BNPB (Badan Penanggulangan Bencana Naisional) diterima langsung oleh Kepala BNPB, mau dikasih segera, mau dikasih antigen,” pungkasnya.

Dalam apel ini, Bupati Garut, juga menyerahkan bantuan operasional, yakni :1). 1 unit mobil ambulans untuk Puskesmas Cisandaan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Garut;
2). 1 unit mobil laboratorium untuk Labkesda Kabupaten Garut;
3). 2 unit kendaraan operasional roda dua untuk Puskesmas Cihurip Kabupaten Garut;
4). 1 unit kendaraan roda dua untuk Puskesmas Cikelet Kabupaten Garut;
5). 1 unit kendaraan roda dua untuk Puskesmas Sukarame Kecamatan Leles Kabupaten Garut;
6). 1 unit kendaraan roda dua untuk Puskesmas Banjarwangi Kabupaten Garut;
7). 1 unit kendaraan roda dua untuk Puskesmas Tegalgede Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut.

(hms)