Gubernur Jabar Ridwan Kamil Buka Diklat Sadesha Angkatan XIII/2020

BANDUNG.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil resmi membuka Pendidikan dan Latihan program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) Angkatan XIII/ 2020 secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (24/12/2020).

Dalam sambutannya, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil berharap ikhtiar membawa generasi Jabar qurani dapat terwujud di masa jabatannya.

“Mimpi kami 5.312 desa se-Jabar memiliki penghafal Al-Qur’an dan seterusnya akan berlipat-lipat di tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Dengan demikian, katanya, akan lahir peradaban Jabar yang maju dari sisi ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta ahli ibadah dan penghafal Al-Qur’an melalui program Sadesha.

Gubernur mengingatkan bahwa dalam upaya mencetak generasi penghafal Al-Qur’an jangan hanya mengharapkan datang dari pemerintah saja. Pihak swasta atau dermawan yang tergerak hatinya sebetulnya dapat mendukung program Sadesha.

“Jadi saya titip ada atau tidak adanya dukungan dari pemerintah semangat menjadikan desa sebagai lumbung hafidz bisa hadir di Jabar, mudah-mudahan ada dermawan yang tergerak hatinya mendukung program ini,” ujarnya.

Melalui program Sadesha, Pemda Provinsi Jabar menargetkan tahun 2022 seluruh desa di Jabar sudah memiliki minimal satu penghafal Al-Qur’an 30 juz. Kemudian tahap selanjutnya adalah memperbanyak para hafidz yang dicetak oleh para peserta lulusan Diklat Sadesha.

“Maka upaya inovasi harus dilakukan yaitu mereka yang telah menjadi hafidz, siap diterjunkan di desa-desa melatih anak-anak kita menjadi penghafal Al-Qur’an. Mari semangat dan buat strategi agar target tahun 2022 seluruh desa di Jabar sudah memiliki para penghafal Al-Qur’an 30 juz tercapai,” tutup Kang Emil.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.