SAKIP Desa Sumedang dinobatkan 10 Inovasi Terbaik di Jawa Barat

BANDUNG.SJN COM.-Layanan aplikasi SAKIP Desa (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Desa) rupanya telah mengantarkan Kabupaten Sumedang dinobatkan sebagai 10 terbaik (Top Ten) dalam ajang Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) Tahun 2020.

Penghargaan Top 10 KIJB Tahun 2020 berupa piala, piagam penghargaan dan uang sebesar Rp. 20.000.000 ini diterima langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi istri Hj. Susi Gantini di The Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (15/12).

Atas pencapaian yang gemilang itu, Bupati Dony Ahmad Munir berharap bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan kinerjanya khususnya melalui SAKIP Desa.
“Dengan adanya SAKIP Desa ini diharapkan tata kelola pemerintah desa akan semakin efektif dan efisien serta bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten, sehingga akan berdampak kepada penurunan angka kemiskinan, penurunan stunting dan pelayanan yang optimal,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, kehadiran SAKIP Desa telah berdampak terhadap pengelolaan Dana Desa (DD) sehingga lebih fokus, berbasis kinerja dan berorientasi hasil.

“Pada akhirnya dengan SAKIP Desa ini dapat mensejahterakan masyarakat desa dengan harapan Kecamatan bisa maju, maka Kabupaten akan maju,” katanya.
Bupati menyampaikan penerapan SAKIP Desa di Kabupaten Sumedang didasari atas kondisi angka kemiskinan dan stunting di Sumedang yang masih diatas rata-rata Jawa Barat.***(nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.