Kekompakan Prajurit Satgas Pamtas Yonif 312/KH Bersama Warga Membuat Noken Di Perbatasan

KEEROM.SJN COM.-Dalam rangka mewujudkan sinergitas antara TNI dengan masyarakat perbatasan di bulan penuh kasih, Pos Ubrub Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam bersama warga kompak membuat kerajinan tangan “Noken” di Kampung Ubrub, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Senin (14/12/2020).

Dankipur III Satgas Pamtas Yonif 312/KH Lettu Inf Dadang Iskandar mengungkapkan bahwa, ” Noken merupakan kearifan lokal khas Papua yang merupakan tas asli Papua yang berbahan dasar dari kulit kayu dan benang wol. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya Papua, selain itu kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan menambah keakraban dengan masyarakat “.

“ Dalam kegiatan ini tampak suasana kekeluargaan yang erat antara warga dengan prajurit dimana warga dengan senang hati mengajarkan salah satu ciri khas budaya Papua kepada para prajurit,” ucap Dadang.

Di tempat terpisah Serda Septiansyah yang memimpin langsung kegiatan ini menjelaskan bahwa kekayaan alam di hutan Papua memberikan manfaat besar bagi masyarakat Papua, salah satunya adalah pemanfaatan serat kayu sebagai bahan dasar pembuatan noken atau tas serbaguna khas Papua.

“Momen anjangsana sekaligus kegiatan membuat Noken dilakukan dirumah Ibu Martha (35), salah satu warga binaan Pos Ubrub,” ujar Septian.

Sementara itu ibu Martha merespon dengan senang atas antusias prajurit Yonif 312/KH untuk belajar membuat Noken, “senang dan bangga sekali melihat bapak-bapak TNI mau belajar kearifan lokal budaya Papua, semakin mempererat keakraban dan rasa kekeluargaan,” tutur Martha. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.