Regional

Bupati Bogor: Masker Medis dari GP Ansor & Aice perkuat Antisipasi Lonjakan Penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor

BOGOR.SJN COM.-Bupati Bogor Hj. Ade Munawaroh Yasin SH. MH. mengapresiasi gerakan kemanusiaan berupa pembagian 5 juta masker medis yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Aice Group dan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) kepada berbagai kelompok masyarakat yang rentan tertular virus Covid-19. Menurutnya, kedisiplinan menggunakan masker yang berkualitas dalam berbagai aktifitas menjadi kegiatan pencegahan penyebaran virus yang utama.

Ade menyampaikan apresiasinya tersebut dalam seri kegiatan distribusi 5 juta masker medis di 20 kota Indonesia yang sedang mengunjungi wilayah yang dipimpinnya. Kick-off kegiatan yang membagikan 150 ribu masker kepada para petugas kebersihan, petugas pemakaman, pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, dan elemen masyarakat kelas bawah lainnya ini dilangsungkan di Auditorium Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin (14/12) ini.

“Saya mengapresiasi gerakan kolektif bagi masker medis yang dilakukan oleh GP Ansor, KSP dan Aice. Mulai tingginya aktifitas masyarakat perlu kita kelola dengan prinsip 3-M, menggunakan masker berkualitas, menjaga jarak dan mencuci tangan. Masyarakat perlu memperkuat pencegahan, karena tentu ada keterbatasan jumlah rumah sakit dan tempat tidur pasien,” jelas Ade.

Ia menjelaskan bahwa kondisi penularan virus yang makin tinggi di masyarakat dan terbatasnya kapasitas rumah sakit, ditambahi potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Bogor, membuat masyarakat Bogor perlu mengedepankan langkah pencegahan. Keberhasilan langkah 3-M dalam kehidupan warganya diharapkan mampu menahan laju pandemi covid-19 di wilayahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 GP Ansor Affan Azirosi mengatakan bahwa langkah lembaganya bersama Aice Group ini merupakan ikhtiar jangka panjang dalam melawan virus berbahaya ini. Ia menegaskan bahwa kekuatan Indonesia dalam melawan semua bencana adalah kolektifitas semua anak negeri.

“Sedari awal Covid-19 masuk ke tanah air, GP Ansor sudah bergerak bersama dengan Aice dan berbagai pihak untuk memperbaiki keadaan. Sejak mendistribusikan APD yang saat awal korona sangat langka di kalangan tenaga kesehatan, Aice dan GP Ansor masuk ke belasan rumah sakit Jabodetabek, Rembang dan Wisma Atlet sumbangkan APD dan sejuta es krim. Saat New Normal sekarang ini, gerakan pentahelix ini berikhtiar 5 juta masker ke masyarakat grass root yang rentan tertular,” kata Affan.

20 Juta Masker Medis Berkualitas dari Aice buat Masyakarakat Luas

Juru Bicara Aice Group Sylvana mengatakan bahwa gerakan kolektif berupa pentahelix yang dijalankan GP Ansor dan produsen es krim Aice ini, adalah aksi bersama Pemerintah Pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) dan Pemerintah Daerah yang berbasis komunitas dengan menitikberatkan kepada peran dari organisasi dan tokoh di masyarakat, akademisi, dan dukungan swasta, serta komunikasi yang efektif melalui media massa. Senada dengan Affan, wanita yang juga menjabat Brand Manager Aice Group ini berkeyakinan menjadi kunci penting dalam mencegah perburukan pandemi di masa krusial ini.

“Aice Group bersama dengan semua elemen stakeholder di 20 kota yang kami berikan 5 juta masker ini akan selalu bergerak bersama. Edukasi soal disiplin masker berkualitas, dukungan logistik yang diperkuat kearifan lokal dari para tokoh dan kultur di masyarakat menjadi strategi kita bersama,” kata Sylvana

Masker medis berlogo Aice-SHIELD yang didistribusikan ke kalangan masyarakat luas di 20 kabupaten dan kota tersebut diproduksi sendiri oleh Aice Group. Masker medis SHIELD memiliki spesifikasi 3-ply sesuai dan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sylvana menerangkan bahwa keinginan Aice Group bersama gerakan pentahelix membagikan masker berspesifikasi standar medis ini, didasari oleh niatan menghindarkan masyarakat dari bahaya droplet mengandung virus dalam berbagai aktivitas yang makin meningkat saat ini secara optimal. Seperti diketahui, droplet mengandung virus ini dapat muncul di dalam batuk, bersin dan cairan yang keluar saat melakukan percakapan di ruang tertutup atau jarak dekat.
Aice Group sendiri menyatakan bahwa masker SHIELD tidak akan dijual ke publik. Masker ini khusus diproduksi untuk kepentingan donasi ke masyarakat di masa pandemi Covid-19. Masker SHIELD yang diproduksi di pabrik yang modern milik Aice Group di Mojokerto Jawa Timur ini, akan didistribusikan bersamaan dengan paket Vitamin C untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang disasar.

Kendati demikian, Aice Group tidak hanya membagikan 5 juta masker lewat Misi Kemanusiaan ini. Aice juga membagikan 15 juta masker SHIELD lainnya melalui 200 ribu UMKM yang selama ini menjadi penjual es krim Aice di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti diketahui, Aice menjadi produsen yang dangat dekat dengan masyarakat berbagai kalangan. Produknya yang enak, memiliki harga terjangkau oleh semua level masyarakat.

Dan es krim Aice sangat mudah ditemui masyarakat di area dekat timpal tinggalnya. Berbagai warung yang ada di seantero Nusantara menjadikan Aice sebagai salah satu primadona produk bagi semua kalangan.

“Aice memproduksi masker medis dalam jumlah sangat besar untuk menekan penularan virus di masyarakat. Visi kemanusiaan akan selalu mejadi bagian dari proses bisnis Aice. Bukan hanya memberikan keceriaan lewat es krim yang berkandungan baik seperti Aice Susu Telur, misalnya, tapi juga dengan aktivitas riil ratusan ribu UMKM penjual Aice membagikan kebaikan dalam jutaan masker medis Shield ini,” tutup Sylvana. (*)