Iis Leniawati, SPd, Wanita Pertama Calkades Ciptasari, Pamulihan

SUMEDANG.SJN COM.-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kab. Sumedang, yg akan digelar Rabu, 16 Desembet 2020, diwarnai cukup banyak kalangan wanita sebagai calkades. Satu diantaranya adalah Iis Leniawati, S.Pd, karyawan honorer dari salah satu lembaga pendidikan swasta yg ada di Kec. Tanjungsari. Dengan nomor urut 5, wanita ini akan bertarung di ajang Pilkades Desa Ciptasari, Kec. Pamulihan, melawan 4 calon lainnya yg semuanya pria.

Tampilnya Iis Leniawati sebagai Calkades, tampaknya jadi perkembangan baru dalam hal kesetaraan gender di desa Ciptasari. Pasca desa itu mulai terbentuk, dari satu proses pemekaran dari desa induk Citali waktu itu, belum pernah muncul sosok wanita yg menjadi kepala desa. Bila saja Iis Leni terpilih jadi Kades Ciptasari, berarti menorehkan sejarah baru sebagai kepala desa wanita pertama di Ds Ciptasari.

Dihubungi lewat sambungan seluler pada beberapa waktu lalu, putri dari Iwan S ini merasa perlu dalam kepemimpinannya, untuk jadikan musyawarah sebagai senjata ampuh dalam membangun desa baik fisik maupun non fisik. Pada pelaksanaanya, kata Iis, perlu wujudkan pelayanan secara terpadu kepada masyarakat.

“Pelayanan tak mungkin bisa optimal, bila tak ditunjang sarana dan prasarana yg memadai. Saya ingin melengkapi prasarana di bidang keagamaan dan olah raga secara bertahap,” ungkap Iis Leniawati, yg punya keyakinan dalan hidupnya, bila kita bekerja keras dan bersikap baik, hal luar biasa bisa terjadi.

Penguatan Bumdes, pula bakal jadi prioritas perjuangannya. Menurut Iis Leni, salah satu pilar dari ketahanan desa, adalah Bumdes. “Ketika Bumdes telah produktif, Insya Alloh bisa mensejahterakan masyarakat. Lagi pula, lahan aset desa harus lebih diproduktifkan lagi,” ungkap Iis Leniawati.

Diakhir ungkapannya, Iis berharap agar Pilkades di Desa Ciptasari dan di desa2 lainnya pula diberikan kelancaran. Tanpa adanya halangan dan rintangan. Sebelum berangkat memilih, katanya, lengkapi alat pelindung diri terutama masker. Tetap jaga jarak, dan setelah di rumah, dahulukan cuci tangan pakai sabun. (Tang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.