Ridwan Kamil Jadi Sosok Inspiratif Pemulihan Ekonomi Melalui Investasi

BANDUNG.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meraih penghargaan sebagai Sosok Inspiratif Pemulihan Ekonomi Melalui Investasi dalam Gatra Award 2020.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menerima penghargaan tersebut melalui konferensi video di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (1/12/2020).

Dalam sambutannya, Kang Emil mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar fokus meningkatkan investasi untuk memulihkan perekonomian Jabar yang sempat terpuruk karena pandemi COVID-19. Dengan meningkatkan investasi, kata ia, akan ada banyak lapangan kerja yang tercipta.

“Itulah kenapa saya semangat membawa Jawa Barat sebagai destinasi investasi nomor satu karena akan hadir ratusan ribu pekerjaan yang mengompensasi hilangnya pekerjaan karena pandemi COVID-19,” kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil, dirinya menerapkan tiga prinsip kepemimpinan, yakni kepemimpinan pro rakyat, pro lingkungan, dan pro bisnis. Selain itu, ia mengatakan bahwa kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, dan infrastruktur yang akseptabel, membuat Jabar menjadi destinasi menarik bagi investor.

Hingga triwulan III Tahun 2020 atau periode Januari-September 2020, Jabar pun menempati peringkat pertama realisasi investasi dengan total sebesar Rp86,3 triliun. Jumlah tersebut akumulasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

“Satu hal yang selalu kami jaga di Jawa Barat. Kenapa investasi senang di Jawa Barat? Alasannya dua, karena infrastrukturnya relatif baik. Bulan ini saja akan diresmikan pelabuhan terbesar, tercanggih, yakni Pelabuhan Patimban,” ucapnya.

“Dan kedua adalah Sumber Daya Manusia Jawa Barat selalu dihitung yang paling produktif. Inilah yang terus saya bawa ke mana-mana, dipromosikan, dan Insyaallah kehadiran investasi akan membawa lapangan pekerjaan dan kesejahteraan dalam pemulihan ekonomi lebih cepat,” imbuhnya.

Adapun penghargaan Gatra Awards 2020 diberikan kepada 26 sosok individu inspiratif baik dari kalangan lembaga pemerintahan maupun swasta dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-26 Gatra. Pemda Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Kang Emil dinilai mampu untuk menggerakan roda dan pemulihan ekonomi di masa pandemi melalui investasi.

Pemda Provinsi Jabar pun tengah mengembangkan Rebana Metropolitan. Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kab. Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kab. Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.