Kampung Ramah Anak Cikole Lembang Di Rintis Psikologi UPI

KBB.SJN COM.-Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan kegiatan Perintisan Kampung Ramah Anak yang terletak di Kampung Anggrek Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Kegiataan Perintisan Kampung Ramah Anak ini dpimpin langsung oleh Ketua Departemen Psikologi UPI .Dr. Sri Maslihah,M.Psi Kegiataan pembuatan mural dengan tema Ramah Anak dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa Psikologi UPI bersama masyarakat RT 06-07 RW 06 Kampung Anggrek Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Pada kesempatan tersebut Ketua Departemen Psikologi UPI .Dr. Sri Maslihah,M.Psi menuturkan bahwa UPI mempunyai komitmen untuk membentuk Kampung Ramah Anak, sebagai edukasi bagi masyarakat, selain itu Kampung Ramah Anak kedepannya bisa memberdayakan perekonomian masyarakat setempat, sehingga bisa mendatangkan wisatawan, kebetulan letaknya didaerah obyek wisata yaitu daerah Cikole, ” Saya ingin masyarakat Cikole jangan hanya jadi penonton di rumahnya sendiri, tapi berharap menjadi para pelaku ekonomi yang sukses” ujarnya.

Sementara itu Gana Suwandi Sebagai Sekretaris RW 06 Desa Cikole menuturkan
Dengan adanya pencanangan Kampung Ramah Anak di Kampung Anggrek Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat sangat mengapresiasi yang positif dari Ketua RW maupun Ketua RT setempat.Sekretaris RW yang mewakili Ketua RW menuturkan dengan adanya pencanangan Kampung Ramah Anak sangat mendukung, memang Kampung ramah anak sangat dibutuhkan di daerah kita ujarnya.

Kebanyakan masyarakat tidak tahu mengenai edukasi , apa yang dimaksud ramah itu terhadap ramah anak, sedangkan SDM kita mengajarkan untuk ramah untuk anak itu mungkin pendididkannya kurang dengan adanya Kampung Ramah Anak ini serta adanya penyuluhan-penyuluhan dari UPI khususnya Departemen Psikologi sangat mengapresiasi kami sangat merasakan manfaatnya bagi masyarakat, karena masyarakat jadi tahu apa Ramah Anak tandasnya.

Selama ini kegiatan yang menyentuh anak-anak seperti kegiatan agustusan ataupun acara Maulid Nabi yang melibatkan peran serta anak-anak, adanya Paguyuban Pencak Silat yang diikuti anak-anak,serta sekolah Madrasah yang diikuti anak-anak.juga.

Harapannya ditetapkannya Kampung ramah Anak Kami sebagai Ketua Lingkungan Warga sangat berharap untuk Kampung Ramah Anak bisa diteruskan dan dipahami masyarakat karena anak-anak modal utama bangsa ini, mereka akan menjadi generasi penerus kalau mereka muda nya berpotensi dan mempunyai nilai yang baik mungkin masa depan bangsa kita akan lebih baik ujar Gana Suwandi sebagai Sekretaris RW. 06

Sementara itu Aleh sebagai Ketua RT 07 RW 06 menyambut positif dengan adanya pencanangan kampung Ramah Anak di daerahnya semoga ada guna dan manfaatnya bagi masyarakat dan semoga bisa meningkatkan perekomonian masyarakat dan semakin maju dan sangat mendukung sekali kegiataan dari UPI ini ujarnya.(difa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.