Ragam

Usaha Bisnis Warga Tionghoa di kota Cirebon 1900-1970

CIREBON.SJN COM.-Ada sebuah pepatah mengatakan 成功的商人是那些在任何情况下都不轻易放弃,能够在困难的情况下创造机会并受到挤压的人Chénggōng de shāngrén shì nàxiē zài rènhé qíngkuàng xià dōu bù qīngyì fàngqì, nénggòu zài kùnnán de qíngkuàng xià chuàngzào jīhuì bìng shòudào jǐ yā de rén artinya pebisnis yang sukses adalah mereka yang tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun, dapat menciptakan peluang di saat situasi sulit dan terhimpit.

Di masa penjajahan Jepang dan Belanda, ada warga Tionghoa di Cirebon yang sukses dalam berbisnis. Tahun 1900-1970 an umumnya Masyarakat Tionghoa Cirebon bisnis Gula Merah, Gula Pasir, Pala Wija, Hasil Bumi, Tembakao, hotel, emas dan Meubel.
Daerah Siliwangi, Pasar Pagi dan Karanggetas umumnya jualannya Hasil Bumi, Gula Merah, Tembakau, Kelontong dan Pakaian
Kita mengenal Mayor Tan Tjien Kie yang lahir di Cirebon tahun 1853. Ayah dari Tan Tjien Kie Bernama Tan Tiang Keng. Tan Tiang Keng ayah Tan Tjien Kie pedagang gula. Mayor Tan Tjien Kie meninggal tahun 1919. Tan Tjin Kie juga merupakan keturunan dari Oey Lwan imigran dari Tiongkok

Tan Gin Han dan Tan Gin Ho yang melanjutkan usaha bisnisnya Mayor Tan Tjien Kie.
Mereka yang lahir tahun 1930 an mungkin mendengar dan mengenal juga nama Gouw Tjien Hwat yang merupakan konglomerat juga.
Dulu tahun 1920-1970an sungai sukalila dan kalibaru menjadi lalu lintas sungai yang ramai membawa barang dagangan dari Pelabuhan ke Pasar Pagi. Oleh Sebab itu Kalibaru dan Sukalila banyak toko toko di sepanjang jalan. Di sukalila ada makam Tan Sam Tjay yang ramai dikunjungi untuk berziarah

Kemudian ada Oey Kwat Tay sekitar tahun 1930an terkenal sebagai pedagang pakaian, nama Tokonya Toko Paris yang jual bahan kain dan Pakaian.
Ong Eng Tjiang pedagang gula merah di Pasar Pagi Cirebon, dan ada juga Gan Biau Tin Pedagang Gula merah juga.

Lie In Guan (Basuki Abdul Kadir) Agen Minyak Tanah di Kalibaru Selatan, Lie In Guan ini adalah ayah Kandung Brigjen (Pur) Daniel Sofjan, dan Lie Ing Guan juga ayah kandung dari Lie Un Hin dan Lie Un Hwa yang sukses dalam bisnis minyak tanahnya. Dr Imelda Susanti, Kristianto Sofjan dan M Norman Pandurata adalah cucu dari Lie In Guan. Saat ini Lie Un Hin anak dari Lie Ing Guan tinggal di Vancouver Kanada, Lie In Guan adalah Saudaranya Kwee Kwan Soen.

Di Kali Baru juga ada toko Waring yang jual bahan pakaian.
Liem Pat Nio tahun 1920an jualan rempah rempah dan Tembakau.
Oey Liang Kie di Sukalila membuka usaha bengkel Croom pernekelan
Tjiong A Teng membuka pabrik tegel namanya Bie Liong di Parujakan. Tjiong A Teng kakek dari WP Zhong. Dan Tjiong A Teng Adalah kakek buyut dari Lilis Sembada dan Endang Prihatin Sembada.

Tan Bun Say kakeknya Dominikus dan Theresia jualan Sembako di Kanoman
Oey Teng Gouw kakeknya Nelly Wawan jualan barang antik di Pekiringan
Tjia Eng Han kakeknya Mira Tjahjapranata dan Nelly Witono jualan jamu di Karanggetas
Tan Tjan Boen di Pagongan ahli service Radio dan TV
Rumah makan Gouw Kit Siang di Petratean

Kwa Swie Lan Nio atau dipanggil Ny Ayu pemilik Hotel Semarang di Siliwangi. Kwa Swie Lan Nio adalah ibunya Een Indrawati
Hotel Asia di Kalibaru Cirebon

Toko Subur dan Toko Berkah jualan Kelontong di Pasar Pagi
Tjia Tjoe Go jualan Kelontongan di Siliwangi, Tjia Tjoe Go adalah kakek mertuanya Atet Wiyono mantan Atlet Tenis Nasional
Tan Wan Yang
Pabrik hungkwee dan sohun. Tan Wan Yang kakeknya Witono Utomo (Jeremy Huang)