Regional

Warga Desa Cigelam, Kec. Babakan Cikao Tanam Ribuan Bibit Pohon Durian

PURWAKARTA.SJN COM.-Penanaman bibit pohon durian yang ditanam di kampung Gandasari Desa Cigelam, Kec. Babakan Cikao, Kab. Purwakartam adalah wujud karya nyata warga Kampung Gandasari dan karang taruna Desa tersebut. Tujuannya, selain mengikuti program pemerintah dalam penanaman pohon sebagai penghijauan, juga sebagai lahan tanam usaha dengan jenis bibit pohon durian unggulan. Beragam komoditas jenis pohon durian yang di tanam, diantaranya Saking duri hitam cane serta bibit unggulan lainnya yang berasal dari Jawa Tengah

Penanaman pohon durian ini, diprakarsai oleh tokoh warga Desa Cigelam bernama Anggi yang juga Ketua Karang Taruna desa Cigelam. Dirinya mendapat dukungan penuh oleh warga setempat dan berharap kedepannya akan memberikan kontribusi, untuk masyarakat desa cigelam.

Menurut Anggi, penanaman pohon durian sebagai upaya penghijauan lahan, juga sebagai rencana usaha ini, tentunya harus mendapat dukungan oleh semua pihak termasuk pemerintah daerah. Hal itu lah sebagai kunci keberhasilan, untuk itu pihaknya sangat berharap dukungan dari semua pihak. “Diharapkan usaha bertanam durian bisa mendapat hasil dan mampu sekaligus menyerap tenaga kerja khususnya di bidang pertanian”, ungkap Anggi.

Saat menerima kujungan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta,
Tanpak hadir (Adin Nurdin.SE), kasi pengendalian dan pengembangan usaha perkebunan, beserta (Kurnia Saputra.Sp) kasi pembudidayaan tanaman hultikultura Dispangtan Kabupaten Purwakarta

Adin Nurdin SE, pihaknya sangat aprsiasi terhadap upaya masyarakat Desa Cigelam, yang sudah melaksanakan program penanaman dengan luas lahan yang memadai, serta jarak tanam yang ideal dan pengairan yang tercukupi. Dan ini tentunya kami mewakili Dispangtan Kabupaten Purwakarta sangat bangga dan semoga program penanaman pohon durian tersebut, akan berhasil sesuai harapan masyarakat. “Terkait bantuan dari pihak pemerintah kedepan kata Adin Nurdin SE, tentunya pihak petani di harapkan terus mengikuti penyuluhan bersama petugas Dispangtan Kabupaten Purwakarta:, pungkas Adin nurdin SE. (SUPRIYADI)