Legislator Tegaskan Pentingnya Edukasi Kebencanaan Kepada Masyarakat

JAKARTA.SJN COM.-Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina mendorong Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) untuk memberikan pelatihan dan edukasi mengenai bencana alam di seluruh wilayah Indonesia kepada masyarakat. Ia mengingatkan agar edukasi tidak hanya dilakukan di kota-kota besar saja, sehingga ketika terjadi musibah masyarakat sudah mengerti tata cara dalam menanganinya.

 

“Kuncinya berikan edukasi publik ke daerah-daerah terpencil juga, jangan hanya di kota-kota besar saja. Banyak sekali masyarakat yang kurang paham mengenai (kebencanaan) ini, jadi harapannya itu (juga) berikan pelatihan kepada masyarakat pendalaman,” kata Selly saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI secara virtual dengan jajaran BNPB, Rabu (9/9/2020).

 

Lebih lanjut politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan BNPB merupakan harapan masyarakat dalam menangani dan memberikan bantuan dalam mengatasi bencana alam yang terjadi. “Masyarakat itu kan harapannya BNPB dalam memberikan bantuan dan memberikan pelatihan, jadi jangan disia-siakan,” pungkas Selly.

 

Di sisi lain, terkait meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia, Selly menilai hal itu diakibatkan sikap Pemerintah yang terlambat dalam merespon pandemi tersebut. Ia meminta BNPB untuk memiliki strategi jangka panjang yang tepat guna menanggulangi bencana. “BNPB harus punya strategi jangka panjang. Jangan ketika sedang terjadi bencana saja. Jadi intinya harus siap dengan bencana-bencana yang akan melanda Indonesia nantinya,” imbuh mantan Wakil Bupati Cirebon itu. (tn/sf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.