Parlementaria

Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Terminal di Kabupaten Bandung

KAB BDG.SJN COM.-Komisi IV DPRD Jawa Barat menilai dari 14 terminal tipe -B yang ada di wilayah Jawa Barat, belum digarap secara maksimal dan optimal. Untuk itu, Komisi IV DPRD Jabar meminta Dinas Perhubungan Jabar dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan ke 14 terminal tipe-B.

 

Penilaian Komisi IV DPRD Jabar ini disampaikan saat meninjau kondisi terminal tipe-B di Soreang Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Drs.H.Daddy Rohanady mengatakan, keberadaan terminal tipe-B, sangat penting karena mampu memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang kerap menimbulkan kemacetan. Karena itu, DPRD Provinsi Jawa Barat meminta optimalisasi terminal Tipe B di Jawa Barat sebagai mobilisasi masyarakat.

Terminal tipe-B berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota dan/atau angkutan pedesaan. Di Jawa Barat terdapat 14 terminal tipe B sudah diamanatkan didalam perda RTRW. Ke-14 terminal ini mestinya digarap secara maksimal oleh dinas terkait.

“ Ya, penilaian belum digarapnya secara maksimal oleh Dinas Perhubungan Jabar”, ujar Daro – sapaan–Daddy Rohanady, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (6/9-2020) terkait hasil peninjauan monitoring keberadaan terminal tipe-B di Kab.Bandung yang dikelola oleh UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ wilayah II, Kabupaten Bandung.

 

Minim PJU

Dikatakan, terminal tipe-B yang dikelola UPTD dari Dinas Perhubungan Jabar tersebut, dilihat dari sisi infrastruktur bangunan masih relatif layak. Dengan luas lahan dua hektar lebih, menurutnya cukup representatif dibandingkan dengan UPTD lain. Namun, dari segi penganggaran masih relatif kurang terutama pengadaan untuk Penerangan Jalan Umum (PJU).

Ia menambahkan, saat ini realisasinya belum mencapai 30 persen dari keseluruhan. Sehingga masih banyak akses jalan provinsi yang belum terfasilitasi PJU. Atau PJU masih minim. Untuk itu, Daddy meminta pihak Dinas Perhubungan Jabar, agar menambah JPU. Hal ini penting demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan, tandasnya (die)