Ragam

Seni Bangreng Mekar Saluyu Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75

KAB BDG.SJN COM.-Dalam Memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 75 Gelar Seni Bangreng Mekar Saluyu Kampung Legok Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

Seni dan budaya lokal merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga. Namun, kini keberadaannya terancam dengan masuknya budaya asing yang makin masif.

Lahir sebuah budaya Bangreng yang sudah berdiri sejak tiga tahun yang lalu. Di Kampung Budaya Seni Bangreng Mekar Saluyu Lembur kampung legok Rt 03 Rw 18 yang berada di Desa Margamulya , Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung digelar seni sunda pesta setiap tahunnya.

‘’Warga legok budaya seni bangreng mekar saluyu menjaga kesenian sunda yang hampir punah,’’ ujar Pupuhu atau Tokoh Kampung seni budaya Lembur legok, Cecep Nurdin seni sunda yang coba dipertahankan keberadaannya.
Kesenian sunda yang hampir punah. Menurut Cecep, pengetahuan mengenai budaya dan kesenian Sunda harus diberikan sejak dini kepada anak-anak.

Targetnya, keberadaan seni sunda dapat diteruskan dari generasi ke generasi Oleh karena itu, kata cecep nurdin, pihaknya menyambut positif banyaknya masyarakat belajar budaya Sunda.

Ujang Herdianto Ketua karang taruna rt 03 rw 18 kampung legok desa margamulya kecamatan pasirjambu, ujang herdianto selaku panitia HUT RI Yang Ke 75 dengan digelarnya pentas seni budaya sunda bangreng mekar Saluyu di kampung legok hususnya masayarakat legok sangat terhibur berharap tahun depan lebih meriah dan menjadi bangreng seni unggulan orang sunda dan nasional,

( Sam )