Parlementaria

Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Achmad Ru’yat: Kader PKS Harus Paham Akan Nilai Nasionalisme

BOGOR.SJN COM.-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Achmad Ru’yat menggelar acara sosialiasasi empat pilar kebangsaan.

 

Acara bertajuk Citra Bakti/Parlemen dalam sketsa kebangsaan yang dilaksanakan di aula Mesjid Al Ajim, Cigombong, Kabupaten Bogor ini dihadiri oleh 35 kader PKS perwakilan dari Kecamatan Cigombong, Caringin dan Cijeruk.

 

Menurut Achmad, dilaksanakannya kegiatan tersebut bertujuan supaya para kader PKS lebih memahami tentang nilai-nilai nasionalisme. Apalagi, ke empat pilar yang disosialisasikan itu meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

“Ini penting dilaksanakan, mereka harus dapat mengetahui, memperkuat dan melaksanakan nilai – nilai ke 4 pilar tersebut. Terlebih, Pancasila sebagai ideologi dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” ungkap Achmad kepada wartawan, Senin (24/8/2020).

 

Hal terpenting lainnya, kata Achmad, sebagai modal sosial dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Disatu sisi, visi PKS sebagai partai pelopor mewujudkan cita – cita negara Republik Indonesia sebagaimana termaktub didalam uud 1945.

 

“Makanya, tadi para peserta juga kita tes, baik itu mengenai pembacaan pembukaan, Pancasila maupun tentang visi PKS sebagai partai pelopor. Hasilnya, alhamdulillah mereka hafal semua,” imbuhnya.

 

Ia meminta, para kader PKS sebagai anak negeri harus merasa bangga dan bersyukur bisa hidup dan lahir di negeri ini. Mengingat, bukti kebesaran negara ini telah diperlihatkan melalui keberanian dalam perang mengusir penjajah waktu dulu.

 

“Diantara buktinya itu yakni ketika mengusir sekutu inggris, lalu perang Bojong Kokosan dan perang Bung Tomo melawan penjajah di Surabaya yang waktu itu jendral perang inggris kewalahan menghadapinya,” jelas Achmad.

 

Masih dikatakannya, dengan adanya bukti perlawanan tersebut jelas bahwa rakyat Indonesia memiliki semangat juang yang tinggi yang tidak gentar menghadapi penjajah.

 

“Indonesia memiliki potensi semangat juang tinggi, karena itu saya berpesan tetaplah semangat dalam mewujudkan visi PKS. Semangat pula dalam menghadapi situasi sekarang yaitu pandemi Covid-19 yang diperkirakan masih panjang. Upayakan selalu disiplin kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, atur pola hidup sehat dan menjaga rutinitas kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.(red)