Ragam

Drs Suwito Setiabudi Pemilik Apotek Pasuketan Hidup Yang Tulus, Berbagi dan Melayani Sesama.

CIREBON.SJN COM.-个善良和慷慨的人是一个不炫耀,不向每个人表达仁慈,不向他人介绍他的慈善事业,不给予他人帮助,不给予真诚帮助的人,不期望他人赞美,不要求别人给予帮助的人
Yīgè shànliáng hé kāngkǎi de rén shì yīgè bù xuànyào, bù xiàng měi gèrén biǎodá réncí, bù xiàng tārén jièshào tā de císhàn shìyè, bù jǐyǔ tārén bāngzhù, bù jǐyǔ zhēnchéng bāngzhù de rén, bù qīwàng tārén zànměi, bù yāoqiú biérén jǐyǔ bāngzhù de rén artinya orang yang baik dan dermawan adalah orang yang tidak pamer, tidak menceritakan kebaikannya kepada semua orang, tidak menceritakan kegiatan memberikan sumbangan, tidak diceritakan kepada yang lain, memberikan bantuan dan pertolongan dengan tulus tidak menceritakannya kepada orang lain, tidak mengharapkan pujian dan tidak meminta balas jasa.

Sewaktu Drs Suwito Setiabudi masih hidup kita akan selalu bertemu beliau di rumah duka, beliau selalu rajin datang ke rumah orang yang berduka, memberikan penghiburan dan bantuan kepada yang berduka. Suwito Setiabudi terkenal Low Profile dan dermawan. Beliau tidak pernah pamer, memberikan bantuan dengan Tulus, tidak mengharapkan balas jasa

Suwito Setiabudi semasa hidupnya banyak memberikan bantuan kepada banyak orang yang hidupnya kekurangan, banyak memberikan bea siswa.

Drs Suwito Setiabudi pemilik Apotek Pasuketan, yang telah berdiri sejak 16 April 1960, Suwito Setiabudi lahir di Tegal, 7 November 1928. Ayahnya Suwito Setiabudi bernama Makmur Setiabudi.

Drs Suwito Setiabudi lulus Apoteker dari Universitas Institut Tekhnologi Bandung(ITB)
Suwito Setiabudi menikah dengan Indriani Tanudjaja memiliki 4 orang anak:
1. Tien Setiabudi
2. Wiwit Setiabudi
3. Indriani Setiabudi
4. Benjamin Setiabudi

Tahun 1975 Drs Suwito Setiabudi juga membuat Gedung Pertemuan Gedung Sumber Hidangan di Pagongan Cirebon, Gedung Sumber Hidangan di tahun 1975 -1995 menjadi tempat gedung pertemuan dan latihan bulu tangkis di malam hari jika tidak ada pertemuan. Penulis teringat april 1978 ketika Paulus Wijaya mengadakan pentas teater dan seni dengan para pemainnya Indriani Setiabudi(Yayang), Yoel Wijaya, Ing Gok, GT, Un Houw, Sin Lay, Ujang Tanusaputra, Andi Subekti dan lain lain.

Tien Setiabudi atau lebih terkenal sebagai Tien Sudirgo anaknya Suwito Setiabudi juga dikenal sebagai seorang dermawan, memiliki ketulusan hati, suka menolong sesama, Tien Setiabudi bersama Mona Susilo tahun 1985-1989 menjadi pembina PD Ecclesia, waktu itu penulis aktif di PD Ecclesia bersama Lidia Agustam, Ray Susilo, Sugandi Bunyamin, Pdt DR Daniel Arief Sugianto kini jadi salah seorang pimpinan di GBI Sukawarna, Tjing Gwan, Harbani, Herawati, Agus Salim Santoso, Budi Santoso, Aan, Dian, Eva Maria, Mira Tjahjapranata, Setiawan Ationg, Peter, Iman, Aciok Sugianto Effendi, Samuel, Linda, Juniarto, dan lain lain. Penulis teringat kebaikan hati Tien Sudirgo anaknya Suwito Setiabudi dalam sebuah RC, ketika Tien Sudirgo melihat seorang anak kehujanan, turun dari mobilnya memberikan payung kepada anak yang kehujanan, dan meminta anak itu naik ke mobilnya dan mengantar ke kamar hotelnya, ketika ada anak remaja yang orang tuanya sakit, Menelpon Tien Sudirgo, langsung datang memberikan bantuan, membawanya ke rumah sakit.

Moto hidup Drs Suwito Setiabudi 只要你能帮助别人,帮助别人,就是祝福别人
Zhǐyào nǐ néng bāngzhù biérén, bāngzhù biérén, jiùshì zhùfú biérén.artinya Menjadi berkat buat orang lain, selama kita bisa bantu orang lain, bantulah. Oleh sebab itu Suwito Setiabudi tidak pernah memberhentikan karyawan dan aturan ini dilanjutkan oleh anaknya Benjamin Setiabudi yang melanjutkan Apotek Pasuketan. Tidak pernah memberhentikan karyawan selama tidak minta berhenti sendiri karena sakit atau ada hal yang lain, jadi rata rata karyawan bekerja lama hingga seumur hidup bahkan ada yang telah mengabdi 54 tahun dari belum menikah sampai sekarang sudah punya cucu.

一个成功的领导者,是一个领导者,会成为他领导的人们和他领导的许多人(即员工和下属)的福利的光明,受到员工及其下属的爱戴。
Yīgè chénggōng de lǐngdǎo zhě, shì yīgè lǐngdǎo zhě, huì chéngwéi tā lǐngdǎo de rénmen hé tā lǐngdǎo de xǔduō rén (jí yuángōng hé xiàshǔ) de fúlì de guāngmíng, shòudào yuángōng jí qí xiàshǔ de àidài. Artinya pemimpin yang berhasil, adalah pemimpin yang menjadi terang bagi orang yang di pimpinnya dan mensejahterakan banyak orang yang dipimpinnya yaitu pegawai dan bawahannya, di cintai pegawai dan bawahannya

Drs Suwito Setiabudi meninggal 7 Juni 2014 di makamkan di Sasono Mulyo Cirebon. Banyak orang yang datang melayat dan menghantarkan ke tempat pemakamannya. Perbuatan baik kita akan dikenang, selama kita dapat memberikan bantuan lebih baik.(Jeremy Huang).