Pemerintahan

Uu Ruzhanul Serahkan Alat Pertanian kepada Ponpes untuk Gerakan Program Santani

GARUT.SJN COM.- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum kembali menyerahkan alat pertanian guna merealisasikan program Santri Tani (Santani) kepada Pondok Pesantren Annur, Kab. Garut, Minggu (9/8/20).

Kang Uu mengatakan, program Santani digagas untuk menghadirkan kemandirian ekonomi pondok pesantren (ponpes), meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong ketahanan pangan di Jabar.

Pemberian alat pertanian, kata Kang Uu, sebagai langkah awal untuk menggerakkan Santani. Menurut ia, pelatihan di bidang pertanian pun akan diberikan kepada santri usai pandemi COVID-19. Termasuk penyediaan alat mesin pertanian.

“Sehingga santri ada sumbangsih nyata ke masyarakat,” kata Kang Uu. “Kenapa saya menekankan pertanian? Supaya pondok pesantren produktif, tetapi baik bagi para santri mapun kiai tetap punya waktu yang fleksibel dalam menjalankan kegiatan belajar di pesantren,” imbuhnya.

Selain itu, Kang Uu mengajak para kiai ikut serta dalam pembangunan Jabar. “Saya ingin para kiai di Jawa Barat, ada sinergi, komunikasi, dan ada masukan kepada kami (sebagai pimpinan di Jawa Barat) untuk mencapai misi-misi pembangunan manusia Jabar,” ucapnya.

Pun atas jasa para ulama selama ini dalam mencerdaskan akhlak anak bangsa. Kang Uu memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya.(red)