TNI

Pangdam III/Siliwangi : TMMD ke-108 Bagian Usaha Mempercepat Kesejahteraan Masyarakat

SUBANG.SJN COM.-Dengan telah selesainya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang dimulai sejak tanggal 30 Juni 2020 lalu, saya selaku Pangdam III/Siliwangi dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada Pemrov. Jabar, Pemprov Banten dan seluruh instansi terkait atas semua bantuan serta partisipasinyan pada pelaksanaan TMMD ke-108 tahun 2020.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat menutup TMMD ke-108 tahun 2020 tersebar diseluruh lokasi TMMD Jabar dan Banten bertempat di Kampung Cijengkol Desa Ciawitali Kecamatan Serang Panjang Kabupaten Subang, Rabu (29/7/2020).

Sebelum pelaksanaan penutupan, terlebih dahulu Pangdam III/Siliwangi dan rombongan menerima paparan tentang pelaksanaan TMMD yang disampaikan oleh Dansatgas TMMD ke-108 tahun 2020 Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono.

Menurut Pangdam III/Siliwangi, ” meskipun dilaksanakan saat Pandemi Covid-19, tidak mengganggu pelaksanaan TMMD ke-108 yang dilaksanakan di empat lokasi diantaranya di Kodim 0622/Kab. Sukabumi, Kodim 0611/Garut, Kodim 0605/Subang dan Kodim 0623/Cilegon Banten, telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan “.

Selain itu, ” bukan saja pembangunan sarana dan prasarana fisik semata, namun yang tidak kalah pentingnya adalah membangun jiwa dan raga masyarakat, sehingga tumbuh kesadaran masyarakat terhadap berbangsa dan bernegara, ” jelasnya.

Saya berharap, ” kebersamaan dan sinergi yang telah terjalin selama ini dapat terus dibina dan ditingkatkan, bukan saja pada pelaksanaan TMMD, melainkan pada kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan sinergi dan kebersamaan kita dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat “.

” Melihat bagaimana besarnya sambutan masyarakat terhadap pelaksanaan TMMD ini, saya meyakini bahwa pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan secara lintas sektoral oleh TNI bersama instansi terkait, masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai bagian usaha mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, ” ucap Pangdam.

Oleh karena itu, sejalan dengan tema TMMD ke-108 tahun 2020 yaitu TMMD Pengabdian Untuk Negeri.

Selanjutnya, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan dibidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya khususnya membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong.

” Dengan berakhirnya kegiatan TMMD ke-108 ini, bukan berarti tidak ada kegiatan yang dilakukan masyarakat namun harus ditindaklanjuti dengan kegiatan peningkatan pemeliharaan dan pengembangan secara berkelanjutan yang akhirnya masyarakat akan mampu membangun wilayahnya secara mandiri, ” tandas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Turut mendampingi Pangdam III/Siliwangi diantaranya Danrem 063/Sgj, Asrendam III/Slw, Asintel Kasdam III/Slw, Aster Kasdam III/Slw, Pa Liasion AU Dam III/Slw, Danpomdam III/Slw, Kapendam III/Slw, Pabandya Bakti Sterdam III/Slw, Dan/Kasatbalak Korem 063/Sgj, Kadis DPM Desa Prov. Jabar, Bupati Subang, Ketua DPRD Subang, Kapengri Subang dan Kapolres Subang. (Pendam III/Siliwangi).