TNI

Pussimpur Kodiklatad Dukung Lat Posko 1 Yonif Raider 301/PKS berbasis IT

SUMEDANG.SJN COM.-Salah satu tugas pokok dari Pusat simulasi tempur (Pussimpur) Kodiklatad, adalah mendukung satuan di jajaran TNI AD dalam rangka geladi posko simpur. Dalam kegiatan Latihan Posko 1 Yonif Raider 301/PKS, kali ini Pussimpur turut mendukung dalam hal sarana prasarana yang berbasis IT, baik yang bersifat hardware maupun software.
Latihan Posko I dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Sabtu tanggal 4 s.d 6 Juli 2020. Tema Latihan kali ini adalah “BATALYON TIM PERTEMPURAN RAIDER 301/PKS MELAKSANAKAN SERANGAN DI WILAYAH BATURAJA KOMPLEK DALAM RANGKA MENDUKUNG OPERASI SERANGAN SATGASRAT.”

Komandan Pussimpur Kodiklatad, Kolonel Inf Boemi Ario Bimo, S.E. mengatakan bahwa keterlibatan Pussimpur dalam Latihan Posko ini bertujuan untuk mempermudah serta mengefektifkan beberapa aspek dalam kegiatan latihan berupa sistem pengiriman rencana informasi latihan (RIL) yang sebelumnya menggunakan caraka. “Aplikasi sistem pengiriman RIL saat ini sudah dapat menilai mekanisme yang dilaksanakan oleh pelaku latihan tentang bagaimana tindakan-tindakan atau koordinasi yang harus dilaksanakan setelah menerima RIL sesuai dengan jawaban sekolah keinginan penyelenggara termasuk dengan nilai yang didapat secara real time”, ujarnya.

Danpussimpur menerangkan, saat ini Pussimpur sudah menggunakan sistem elektronik dengan jaringan bersifat Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN). Penggunaan Interactive Display Multi Touch Screen sebagai pengganti bak pasir atau maket, serta penggunaan Smart TV sebagai pengganti sketsel Komandan dan Staf dalam manajemen data sarana informasi latihan adalah salah satu perlengkapan dalam geladi posko simpur.

“Aplikasi Interactive Display Multi Touch Screen sudah dilengkapi dengan peta satelit terbaru beserta tanda taktis yang digunakan pada seluruh fungsi, kecabangan dan kesenjataan yang ada di TNI AD dan dapat digerakkan secara manual maupun otomatis dengan dilengkapi data-data geografis (koordinat UTM, Longlat dan Altitude). Adapun penggunaan Smart TV sebagai pengganti papan sketsel yang digunakan dalam manajemen data sarana informasi latihan menjadikan pengolahan data selama latihan lebih fleksibel, interaktif dan efektif”, ungkapnya.

Danpussimpur mengatakan dengan penggunaan aplikasi Simpur yang berbasis IT diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung seluruh latihan di jajaran TNI AD, sehingga keinginan Bapak KSAD mewujudkan TNI AD sebagai Army World Class dapat terlaksana.
Perlu diketahui dalam mekanisme latihan Posko I yang menggunakan aplikasi Simpur, pada ruangan pelaku latihan dan ruangan komando latihan penyelenggara seluruhnya dikendalikan dari control room (ruang IT) sebagai ruangan pengawas dan pengendali (Wasdal) menggunakan konfigurasi jaringan sehingga seluruh kegiatan latihan dapat bersinergi dengan baik. (Penerangan Kodiklatad)