Regional

BUMDES Bangkit Sabilulungan Tingkatkan Usaha Bersama Masyarakat Desa Margamulya

KAB BDG.SJN COM.-Desa menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan penyaluran Dana Desa dan program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Tujuan BUMDes seperti dalam Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendesa PDTT) nomor 4 tahun 2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Selain itu juga mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa. Hal tersebut disampaikan Dede kepala Desa (kades) Magamulya, Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, saat memaparkan BUMDes yang ada di wilayahnya.

Sementara, Asep Iwan Ketua Bumdes Bangkit Sabilulungan Magamulya, menyampaikan, bahwa upaya pemerintah desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Harapannya ke depan semoga BUMDes Margamulya semakin Bangkit seperti namanya yakni BUMDES Bangkit Sabilulungan,” pungkasnya.

Sam Permana