TNI

Pangdam III/Siliwangi Resmikan Peningkatan Pengembangan Rumkit TK. IV Salak Menjadi Rumkit TK. III

BOGOR.SJN COM.-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan peningkatan pengembangan Rumkit TK. IV 03.07.02 Salak menjadi Rumkit TK. III 03.07.02 Salak Denkesyah 03.04.01 Bogor Kesdam III/Siliwangi, Rabu (10/6/2020).

Setibanya di Rumkit Salak, Pangdam III/Siliwangi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto beserta rombongan disambut oleh Kakesdam III/Siliwangi Kolonel Ckm dr. Purwo Setyanto, Sp.B., MARS, Karumkit beserta segenap jajaran Rumkit Salak.

Menurut Pangdam III/Siliwangi bahwa, ” peningkatan status atau klasifikasi Rumkit Salak dari Tingkat IV menjadi Tingkat III atau setara dengan klasifikasi “C” Rumkit Pemerintah ini, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi memerlukan beberapa upaya dan kerja keras dari segenap jajaran Rumkit Salak “.

Oleh karena itu, selaku Pangdam III/Siliwangi dan pribadi serta atas nama keluarga besar TNI diwilayah Korem 061/SK, saya mengucapkan selamat kepada Karumkit Salak beserta jajarannya yang telah berhasil meningkatkan dan mengembangkan Rumkit TK. IV Salak menjadi Rumkit TK. III Salak, ” terang Pangdam.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam III/Siliwangi, ” sebagai konsekwensi dari telah ditingkatkannya klasifikasi Rumkit Salak ini, dituntut adanya peningkatan mutu dan pelayanan serta sarana dan prasarana Rumkit Salak sesuai dengan Permenkes RI Nomor 56 tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit serta Permenhan Nomor 11 tahun 2014 tentang Standardisasi Peralatan Kesehatan Rumkit TK. III dilingkungan Kemenhan dan TNI “.

” Perlu saya sampaikan bahwa, Rumkit TK III Salak memiliki tugas pokok memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan mengutamakan keselamatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan prajurit TNI, PNS beserta keluarganya sekaligus juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat umum diwilayah Korem 061/SK, ” jelasnya.

Menurut laporan yang saya terima, saat ini pasien yang dilayani Rumkit Salak yang berdiri sejak tahun 1925 ini cukup banyak, bukan hanya prajurit TNI, PNS beserta keluarganya juga melayani masyarakat umum dan peserta BPJS. Hal ini sesuai dengan Visi Rumkit Salak yaitu *Menjadi Rumkit Kebanggaan Keluarga Besar TNI, Serta Mengutamakan Keselamatan Pasien*, ” ucap Pangdam.

Saya berharap, dengan diangkatnya klasifikasi Rumkit Salak ini serta didukung dengan motto *Senyum, Antisipatif, Lembut, Aman Dan Kepuasan (Salak)* Rumkit Salak akan semakin optimal dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada pasien baik dari kalangan prajurit dan PNS beserta keluarganya maupun masyarakat umum diwilayah Korem 061/SK.

Saya ingatkan, jajaran Rumkit Salak agar tetap mengutamakan tugas pokok sebagai Rumkit Militer yaitu memprioritaskan pelayanan prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya. Hal ini tidak berarti pasien umum dan BPJS tidak dilayani, namun dilaksanakan secara proporsional dengan mempertimbangkan kapasitas yang ada.

Dengan cara yang demikian itu, maka tugas pokok Rumkit Salak dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya serta masyarakat umum lainnya, dapat berjalan seiring dengan kualitas pelayanan yang sangat memuaskan, ” tegas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Pendam III/Siliwangi).