Parlementaria

Tia Fitriani Beserta Dulur Satia Menyaluran Bantuan Ke 31 Kecamatan Se-Kabupten Bandung

KAB BDG.SJN COM.-Ketua Fraksi Nasdem DPRD Jawa Barat Tia Fitriani memberikan bantuan kepada masyarakat yang tersebar di 31 kecamatan, se-Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung merupakan daerah pemilihan (Dapil) Tia saat Pileg 2019 lalu. Tia bersama Tim Dulur Satia berinisiatif menyalurkan bantuan secara mandiri guna meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Saya dan tim Dulur Satia Kabupaten Bandung merasa terpanggil, untuk turun langsung di tengah kancah peperangan melawan covid-19. Kami mulai bergerak sebelum PSBB Bandung Raya ditetapkan, menjawab permintaan bantuan dari masyarakat yang tersebar di 31 kecamatan. Kita juga selalu menyiapkan 500 paket beras setiap harinya,” kata Tia dalam rilisnya, Sabtu (16/5/20).

Kegiatan bersama Tim Dulur Satia antara lain penyemprotan desinfektan, pengadaan hand sanitizer, sabun cuci tangan, serta alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Anggota Komisi II DPRD Jabar ini berharap, apa yang dilakukannya dapat menambal kekurangan dari pemerintah dalam pemerataan pemberian bantuan bagi masyarakat yang terdampak corona. Mengingat yang terjadi saat ini, masih ada bantuan yang tidak tepat sasaran sehingga warga yang seharusnya masuk dalam kriteria penerima bantuan tetapi tidak terbagi.

“Meski pemerintah di seluruh tingkatan telah berusaha melakukan pendataan sebaik mungkin, namun masih saja terjadi bantuan yang kurang tepat sasaran, sehingga muncul keluhan dari masyarakat. Apalagi di dapil saya, mereka yang seharusnya dapat, tapi ternyata tidak. Ruang kosong inilah yang berusaha saya dan Tim Dulur Satia isi sesuai kemampuan kami, agar dapat meringankan beban masyarakat,” sambungnya.

Kendati begitu, Tia dan timnya sadar apa yang mereka lakukan masih tidak seberapa ketimbang kebutuhan yang ada di lapangan. Hanya saja paling tidak, dia berharap apa yang sudah dilakukan sedikitnya bisa meringankan beban, baik tenaga medis maupun masyarakat selama penanganan Covid-19 berlangsung.

“Permohonan bantuan baik dari masyarakat, tenaga medis dan lain-lain kami coba penuhi. Walau mungkin tidak seberapa dibandingkan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Setidaknya dengan bersama bahu-membahu, mudah-mudahan bisa meringankan sedikit beban mereka,” harapnya.

Tia berharap, masyarakat bersama-sama mendukung pemerintah dalam memerangi covid-19, agar situasi krisis seperti sekarang dapat segera berakhir. Yakni dengan cara mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebab menurutnya, program sebaik apapun yang dirilis pemerintah tanpa dukungan penuh dari masyarakat, pasti akan sia-sia.

“Ibaratnya kita sekarang sedang dalam kancah peperangan. Menghadapi musuh yang tidak terlihat, tetapi punya dampak nyata. Kalau peperangan fisik, kita harus keluar. Sekarang kita berperang dengan cara untuk tetap tinggal dirumah. Sekecil apapun yang kita perbuat. Seperti untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, itu sudah sangat membantu negara dalam memerangi covid-19,” ucapnya.
Ia berharap dengan kebersamaan dan keteguhan dalam mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. Selalu menggunakan masker ketika beraktivitas. Rajin mencuci tangan dengan sabun serta mengikuti aturan dalam sosial dan physical distancing. “Dengan begitu, Insyaallah bisa kita menangkan peperangan melawan Covid-19 ini,” ucap Tia Fitriani.