Regional

Wali Kota: Pejabat Baru Harus Siap Hadapi Tantangan Pascawabah Covid-19

BANDUNG.SJN COM.-Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melantik 86 pejabat administrator, pengawas, dan pejabat Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Pelantikan dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung secara terbuka, Jumat (8/5/2020). Terdapat 4 orang pejabat eselon III.b, 16 pejabat eselon IV.a, dan 66 pejabat eselon IV.b yang dilantik.

“Pelantikan kali ini dilaksanakan secara berbeda karena dalam suasana pandemi covid-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) provinsi. Protokol kesehatan harus diterapkan kepada para ASN yang dilantik dan diambil sumpahnya, serta semua peserta yang hadir. Kita harus memberikan contoh dalam melaksanakan Perwal Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Bandung,” jelas Oded.

Oded menuturkan, pelantikan ini merupakan upaya Pemkot Bandung untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong. Hal tersebut penting untuk mengoptimalkan kinerja, terutama di kewilayahan yang sangat krusial perannya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Ini dalam rangka mengisi organisasi di kewilayahan, terutama tadi banyak sekali Kasi (Kepala Seksi) yang kosong. Hari ini dalam rangka penyehatan organisasi di wilayah-wilayah ini sebagai garda depan dan pelayanan kepada masyarakat harus kita lengkapi,” katanya.

Pada pelantikan itu, Oded meminta setiap ASN harus mulai beradaptasi pada situasi hari ini, tak hanya selama pandemi tetapi juga pascapandemi. Kondisinya pasti mengalami perubahan signifikan, terutama dari sisi ekonomi.

“Kondisi masyarakat sekarang dan nanti pascawabah Covid-19 tentu saja berbeda dengan masa lalu. Apalagi masyarakat yang terdampak Covid-19 seperti kehilangan pekerjaan, menjadi penderita penyakit, atau menjadi masyarakat miskin baru,” ucapnya.

Pada kondisi tersebut, lanjut Oded, pemerintah harus memberikan pelayanan yang optimal. Oleh karena itu, pejabat yang baru dilantik hari ini harus mampu menjawab tantangan yang lebih berat di masa mendatang.

“Tantangan ke depan sangatlah berat, karena itu kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya. (hms/sapta)