Ekonomi

Poktan Sinar Jaya, Kel. Urug Dijadikan Percontohan

TASIK,SJN COM,-Kelompok Tani (Poktan) Sinar Jaya yg berlokasi di Kelurahan Urug, dijadikan percontohan bagi kelurahan lain yg ada di kec. Kawalu, Kota Tasikmalaya. Adapun yg dijadikan percontohan, dalam segi pengelolaan budi daya peternakan dan pertanian, seperti pepaya california dan salak pondoh. Kartena itu Camat Kawalu Rusani, sudah mendapat respon dari walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman, bahwa Poktan Sinar Jaya akan dijadikan rumah produksi, untuk menampung pengolahan sarana produksi hasil pertanian yg ada di kelurahan Urug.

Setiap ada pelatihan, Poktan Sinar Jaya selalu diikut sertakan oleh Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya, untuk mengikuti pelatihan sebagai perwakilan dari Kec. Kawalu. Terutama pelatihan tentang cara sistem pengelolaan kepada kelompok berternak yg baik dan benar.

“Dengan mengikuti pelatihan secara continue, maka Poktan Sinar Jaya alhamdulilah bisa menuai keberhasilan. Bahkan sudah mendapat predikat Pengelolaan ternak terbaik se-kota Tasikmalaya, dari balai ketahanan pangan dan peternakan Provinsi Jawa Barat, dan bisa dijadikan percontohan bagi daerah lain”, ucap Momon Mony selaku ketua Poktan Sinar Jaya, saat ditemui Swara Wanita Net dikediamannya beberapa waktu lalu

Sementara Camat Kawalu Rusani, pernah mengatakan berkali kali kepada lurah Urug Iwan. “Bahwa Poktan Sinar Jaya yg ada dikelurahan Urug, harus dijadikan rumah produksi. Namun seakan akan belum ada respon baik, karena kelurahan Urug lebih mementingkan pembangunan infastruktur”, terangnya.

Camat Kawalu juga berharap, dengan keberhasilan Poktan Sinar Jaya kelurahan Urug, harus dibarengi dengan pengelolaan sarana produksi untuk meningkatkan daya jual, dan bisa meningkatkan produksi pengolahan pertanian serta peternakan, maka diharapkan diadakannya rumah produksi”, harapnya. (Joy)