Regional

Desa Barumekar, Kec. Parungponteng Dirikan Posko Satgasus Covid-19

KAB TASIK.SJN COM,-Guna meningkatkan kewaspadaan & mengantisipasi mewabahnya virus Covid-19, maka Pemdes Barumekar, Kec. Parungponteng, Kab. Tasikmalaya, telah mendirikan Posko Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Covid-19, yg bersekretariat di Balaidesa setempat, pada Jumat (10/04/2020).

Kades Barumekar Maulana taufik Rizki S.Sos, saat diwawancarai Swara Jabbar News Com menyebutkan. Kegiatan tim Satgasus Covid-19 yg sudah dilakukan, diantaranya penyemprotan disinfektan diarea publik, pemeriksaan suhu badan terhadap pemudik dan pendatang, juga pembagian masker. ”Kegiatan relawan didampingi Koramil Parungponteng, dalam melaksanakan tugasnya”, ujar Maulana.
“Selain itu, pihaknya berharap pada warga, harus tetap berupaya untuk menjaga kebersihan dilingkungan, terutama di rumah masing2, dan tiap warga yg masuk desa ini, tak luput dari penyemprotan disinfektan upaya, untuk memutus mata rantai penyebaran,” ungkap Maulana.

Maulana juga menerangkan, bahwa tim relawannya juga memberikan penyuluhan pada warga. Agar membiasakan diri, mencuci tangan dengan sabun sebagai upaya untuk menciptakan hidup bersih, paling tidak meminimalisir berkembangnya kuman2 penyebab penyakit. Diakuinya, Pemdes Barumekar saat ini telah mendirikan Posko Satgasus tanggap darurat, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait Covid-19. “Walaupun sampai saat ini, alhamdulilah, di desa kami belum ada yg positip dan semoga tidak ada yg terjangkit virus Covid-19″, jelasnya.

”Untuk itu, bagi warga yg baru pulang dari rantau, diminta kesadarannya melapor kepada RT dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya. Dengan slogannya, nya’ah ka lembur, nya’ah ka kulawarga”, pungkas Maulana.

Sementara itu, Camat Parungponteng Ahmad Fauji M.Pd, mengajak seluruh lapisan masyarakat Parungponteng, agar tetap waspada ditengah wabah yang melanda sekarang ini, apalagi Virus Copid-19 tidak kelihatan dengan kasat mata. “Mari kita saling menjaga kebersihan diri dan rumah kita masing2, untuk itu kita jangan sampai panik, dan kita sama2 berdo’a, semoga kita dalam lindungan Allah SWT ,” katanya.

Ditegaskan Ahmad Fauji, dalam pencegahan Covid-19 ini, warga yg baru pulang dari rantau agar di cek kesehatannya dan mentaati imbauan Pemerintah, demi keselamatan bersama, diantaranya untuk menghindari kurumunan. ”Semoga wabah Covid-19 ini segera teratasi, dan kondisi bangsa ini kembali normal”, pungkasnya. (Suharana/Rey)