TNI

Seluruh Siswa di Pusdik Jajaran Kodiklatad Laksanakan Rapid Test Covid-19

BANDUNG.SJ COM,-Sebagai upaya dalam membantu pemerintah guna mengawasi penyebaran virus Covid-19, seluruh Pusat Pendidikan (Pusdik) dibawah jajaran Kodiklat Angkatan Darat (Kodiklatad), melaksanakan rapid test bagi seluruh siswa yg sedang melaksanakan pendidikan. Pengambilan sampel darah dilakukan di Pusdik masing2, bekerjasama dengan tim medis dari Kesehatan Kodam III/Siliwangi.

Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. dengan didampingi oleh Dirdik Kodiklatad dan Kakesdam III/Siliwangi, berkesempatan meninjau langsung kegiatan pengambilan data rapid test Covid-19 kepada para siswa, Senin (6/4/2020) di Pusdikkowad.

Putranto berharap, bahwa tes cepat ini mampu memetakan sebaran virus berbahaya tsb. “Jadi dengan diadakannya tes di pusat pendidikan jajaran Kodiklatad ini, kita bisa memutus rantai penyebarannya sekaligus menentukan tindakan medis kalau ada siswa yg terkena virus corona”, tuturnya.

Lebih lanjut Putranto menjelaskan. “Sebelumnya Kodiklatad telah lebih dahulu mengupayakan rapid test sejumlah 1000 kit, yg digunakan untuk pengambilan data bagi para pejabat satuan jajaran Kodiklatad, serta anggota yg mengalami kenaikan suhu tubuh dari suhu normal, dan rapid test yg sekarang dilaksanakan untuk mengecek kondisi para siswa”, ujarnya.

Tercatat ada 253 siswa yg melaksanakan pendidikan di Pusdikkowad, Pusdikajen, Pusdikkum dan Pusdikku, melaksanakan pengambilan data rapid test pada Senin (6/4/2020).

Selanjutnya, giliran Pusdikpal, Pusdikbekang dan Pusdikjas yg berada di Cimahi, dengan total sebanyak 408 siswa melaksanakan rapid test pada Selasa (7/4/2020). Adapun di Bogor, Pusdikzi melaksanakan pengambilan rapid test pada hari yg sama dengan total sebanyak 265 siswa. Pada hari Rabu (8/4/2020),

Pusdikintel melaksanakan pengambilan data dengan total sebanyak 145 siswa. Total pengecekan sampel data dari anggota organik 1000 personel dan 1071 siswa di jajaran Kodiklatad, seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

Sesuai dengan anjuran pemerintah, jajaran Kodiklatad telah menerapkan berbagai macam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya melalui beberapa upaya, yakni seperti pengecekan suhu tubuh harian sebelum masuk ke kantor, penyemprotan desinfektan secara berkala dalam lingkungan kantor dan perumahan dinas, wajib cuci tangan sebelum masuk ruangan, wajib memakai masker bagi personel yg sedang berdinas dan berada di kantor, serta menerapkan Work From Home secara bergantian, bagi personel yg tidak berdinas khusus. (Penerangan Kodiklatad)