Kasdam III/ Siliwangi Didampingi Kepala BNPBSerta Ketua Komisi VIII DPRI Meninjau Wahana Situ Cisanti

KAB BDG.SJN COM– Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P., M.Tr (Han)., mendampingi Ketua BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Ketua Komisi VIII DPR RI Dr. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si meninjau ke Sektor 1 di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Sabtu ( 22/2/2020).

Kedatangan Ketua BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Ketua Komisi VIII DPR RI Dr. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si dalam rangka meninjau area Wahana Wisata Situ Cisanti di Sektor 1 Satgas Citarum Harum dan Sektor Pembibitan. Setibanya di Sektor 1 Satgas Citarum Harum, Ketua BPNP dan rombongan disambut Dansektor 1 Kolonel Inf Inget Barus, S.Sos., dan para pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BNPB Letjen TNI Doni mengatakan, ” setiap kegiatan tidak boleh bekerja sendiri, ajak para tokoh-tokoh masyarakat, tidak boleh berkurang hubungan dengan tokoh adat dan tokoh pemuda, harus terjalin terus sinergi dan kerjasama yang baik “.

Selanjutnya, Ketua BNPB menyampaikan tentang ketentuan hasil kopi yang dihasilkan, lalu kopi kita hasilnya berapa persen buat PTPN, Perhutani, petani dan pemilik tanah serta petani bibit kopi harus diberikan honornya “.

Masih menurut Letjen TNI Doni dalam pelaksanaan pekerjaan ini, masyarakat yang menyiapkan  bibit, masyarakat yang tanam dan masyarakat juga yang harus panen karena masyarakat menjadi ujung tombak dan seluruh hasil panen semua pembelinya adalah Kapal Api “.

Sedangkan Ketua Komisi VIII DPR RI Dr. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si., memberikan apresiasi yang telah dilakukan oleh TNI pada program berjalan dan pada pelaksanaannya diharapkan jangan menjadi ego sektoral tetapi apa yang telah dilakukan TNI harus saling bekerjasama “.

” Pencegahan bencana lebih penting, program seperti ini merupakan program yang memberikan dukungan dan merupakan proses pencegahan terhadap bencana alam, ” lanjutnya.

Dikatakannya juga, kami Komisi VIII sebagai Ketua panitia kerja sebagai revisi UU bencana, jauh lebih penting melakukan pencegahan dengan cara melakukan pembibitan, penanaman pohon.

Saya mengingatkan, jangan sampai masyarakat kehilangan mata pencarian, bersinergilah dengan rakyat dan tanam pohon yang memiliki nilai ekonomis buat rakyat agar rakyat tidak kehilangan mata pencariannya, ” terangnya.

Usai meninjau wahana Situ Cisanti, Kepala BNPB, Ketua Komisi VIII DPR RI dan rombongan meninjau lokasi Sektor Pembibitan Satgas Citarum Harum.

Setibanya di Sektor Pembibitan, rombongan disambut oleh Dansektor pembibitan  Kolonel Kav Dwi Haryoko kemudian menerima paparan singkat tentang pelaksanaan tugas di Sektor Pembibitan.

Selanjutnya Kepala BPNPB dan rombongan meninjau pembibitan kopi, meninjau pohon kopi yang sudah berbuah, dilanjutkan meninjau tempat pengolahan penyulingan sereh wangi, meninjau pohon tarum dan meninjau kebun percontohan kebun kopi. Usai kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Pendam III/Siliwangi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.