TNI

Pangdam III/ Siliwangi Tutup Diklat Sarmil Menwa Mahawarman Gelombang II TA.2019/2020

BANDUNG.SJN COM,-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A. menutup pendidikan dan latihan dasar kemiliteran Resimen Mahasiswa (Diklatsarmil Menwa) Mahawarman gelombang II Ta. 2019/2020 bertempat di Lapangan Kujang Rindam III/Siliwangi  Jalan Manado Bandung, Jum’at (14-2- 2020).

Upacara Penutupan Diklatsarmil Menwa ini adalah sebagai bukti bahwa Menwa telah berhasil dalam menjalani pendidikan dan latihan dasar kemiliteran yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 Minggu dari mulai tanggal 30 Januari 2020 sampai dengan hari ini tanggal 14 Februari 2020.

Diklatsarmil Menwa diikuti 180 orang Mahasiswa yang berasal dari 33 Perguruan Tinggi di Jawa Barat, 2 Perguruan Tinggi di Jakarta  dan 1 Perguruan Tinggi di Boyolali Jawa Tengah telah berhasil menyelesaikan rangkaian Diksarmil yang dilaksanakan di Dodik Secata Rindam III/Slw Pangalengan Jabar.

 

Dengan dilaksanakannya Diklatsarmil Menwa ini diharapkan para Mahasiswa yang tergabung dalam Menwa Mahawarman mampu memantapkan pemahamannya akan bela Negara, mampu menanamkan rasa cinta tanah air, menanamkan disiplin dan mampu mengaplikasikan dasar-dasar kemampuan olah keprajuritan.

Pangdam III/Siliwangi juga menyampaikan bahwa, ” Diklatsarmil Menwa yang telah diikuti merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan, kedisiplinan serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa  yang mampu melaksanakan tugas dan fungsi Menwa dengan “Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa” serta meningkatnya kesadaran sikap bela Negara dan rasa cinta tanah air sebagai modal dalam melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang “.

Lebih lanjut kata  Pangdam III/Siliwangi, ” kesadaran bela Negara dan wawasan kebangsaan menjadi satu faktor yang sangat penting untuk dimantapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekarang ini, mengingat fenomena perubahan lingkungan strategis akibat arus globalisasi telah berdampak luas terhadap berbagai aspek kehidupan, baik yang berdimensi positif maupun negative “.

“ Tunjukan bahwa anggota Menwa mempunyai nilai lebih, khususnya dalam kedisiplinan dan sikap, jadikan kelebihan itu sebagai modal untuk berbuat  lebih baik,”

Ucapnya.

Pangdam III/Siliwangi juga mengajak para Menwa untuk bersama-sama membangun negeri sesuai dengan tugas, peran dan kemampuanya masing-masing.

Akhirnya, peserta Diklatsarmil menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan demonstrasi bongkar pasang senapan dan pistol. Hadir dalam upacara tersebut   Danrindam III/Slw Kolonel Inf Indarto Kusno Hadi, S.I.P., S.H., M.M., Irdam III/Siliwangi, para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalkdam III/Siliwangi, Danmenwa Mahawarman Jabar Bpk. Wawan Setiawan, S.H. serta perwakilan dari Perguruan Tinggi. (Pendam III/Siliwangi).