TNI

Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi Pimpin Tanam Ribuan Vertiver

KAB BDG.SJN COM,– Setelah Presiden RI melakukan penanaman Vertiver di Kab. Bogor beberapa hari yang lalu, dan dilanjutkan oleh Pangdam III/Siliwangi di bantaran Citarum, Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi pimpin penanaman ribuan bibit Vertiver sepanjang bantaran Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah, Kab. Bandung, Kamis (6/2/2020).

Penanaman tersebut dilakukan bersama Kepala Sekolah SMPN 3 Baleendah Asep Suparman beserta puluhan siswa, Endang Supardi Andalan Penanggulangan Bencana dengan 30 Pramuka Ranting Baleendah, siswa SDN 2 dan 3 Rancamanyar, Penggiat Lingkungan, Relawan juga warga sekitar.

Setelah dilaksanakan apel bersama, seluruh peserta penanaman langsung mengambil posisi satu kilometer kiri  dan kanan sepanjang  bantaran Sungai Citarum di Rancamanyar.

” Sesuai dengan arahan Presiden RI serta Perintah dari Pangdam III/Siliwangi bahwa dibantaran Citarum harus ditanami Vertiver untuk menghindari longsor atau tergerus aliran Citarum”, kata Dansektor 7 Dilokasi kegiatan penanaman.

Menurut Dansektor 7, penanaman Vertiver ini dilakukan sebagai upaya perbaikan struktur tanah, sekaligus untuk mengurangi erosi dan tanah longsor.

” Penanaman ini menjadi sangat penting mengingat bantaran sepanjang Sungai Citarum Sektor 7 dinaikan, jadi solusi untuk menahan bantaran yang ditinggikan ya Vertiver ini”, terang Kolonel Kav Purwadi.

Ditambahkan Kolonel Kav Purwadi,” disektor 7 ada beberapa lokasi pembibitan Vertiver, yaitu di bantaran Desa Pangauban, Pasawahan dan Sangkanhurip, bahkan sektor 21 pun mengambil Vertiver dari pembibitan Desa Pangauban”.

Asep Suparman Kepala Sekolah SMPN 3 Baleendah menyampaikan bahwa sebagai Sekolah penerima Adiwiyata, sudah menjadi kewajiban mengikuti penanaman Vertiver di sektor 7.

” Saya selaku Kepala Sekolah penerima Adiwiyata sangat berterima kasih kepada Dansektor 7 karena telah melibatkan sekolah dan siswa kami dalam penanggulangan DAS Citarum”, ujarnya. (Pendam III/Siliwangi).