Regional

Senyum Sabyan Mang Oded

BANDUNG.SJN COM – “Senyum Sabyan”, inilah film yang Bandung pisan. Film produksi Bioskop Rakyat Indonesia (Biora) ini menjadikan Kang Pisman, program unggulan Pemerintah Kota Bandung dalam pengelolaan sampah, sebagai bagian dari cerita film ini. Bahkan, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menjadi salah satu pemerannya.

“Sekitar tiga sampai empat bulan lalu, mereka (Biora Indonesia) melakukan audiensi untuk merencakan film di Kota Bandung dengan sasaran sebagai edukasi dan sosialiasasi kepada masyarakat. Saya apresiasi ini setelah mereka mengundang untuk akting di sekolah sebagai guru,” kata Mang Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (9/1/2020).

Mang Oded berperan menjadi guru agama yang menyampaikan beberapa pesan dari ayat Alquran yang berhubungan dengan lingkungan. Ia yang baru pertama kali berakting, mengaku kaget.

“Kaget juga disuruh akting, tapi alhamdulilah cuman satu take saja berhasil,” katanya.

Mang Oded mengapresiasi film yang digagas Biora Indonesia itu. Pasalnya, menyampaikan pesan edukasi untuk warga Kota Bandung khususnya para pelajar.

“Ini luar biasa. Di dalamnya menyampaikan edukasi pendidikan karakter. Semua warga dan anak sekolah mulai SD, SMP dan SMA harus bisa menonton. Kita harap ini sebagai media untuk membantu Mang Oded dalam menyosialisasikan dan menumbuhkan pembentukan karakter,” jelasnya.

Ia berpesan agar film tersebut selain ditayangkan di bioskop komersil, juga ditayangkan di kewilayahan. Tujuannya agar masyarakat menonton dan memahami film tersebut sebagai edukasi.

Mang Oded mengaku, untuk film mengenai pendidikan, dirinya siap berating di layar lebar. “Kalau filmnya untuk pendidikan saya mau lagi,” tuturnya.

Sutradara Film Senyum Sabyan, TJ R. Natadijaya bertekad, Kota Bandung harus jadi barometer film. Konsep bioskop rakyat ini adalah sasaran target filmnya menengah ke bawah. Jadi selalu membuat film edukasi.

“Akting pak wali bagus ya, ‘one take’ ada dua scane. Kita sinergikan dengan program Pemerintah Kota Bandung. Ini durasi filmnya total 1 jam 15 menit. Film ini bercerita tentang perjuangan anak yatim, mereka dalam kehidupannya dibantu dengan masalah sampah. Hadirnya Kang Pisman menjadi mas, membantu kehidupannya,” kata Kiki, sapaan akrab sang sutradara “Senyum Sabyan”.

Rencananya, gala premiere film “Senyum Sabyan”pada 26 Januari 2019 di CGV Bandung Electronic Center (BEC). Setelah itu, rencananya ditayangkan juga di beberapa zonasi di Kota Bandung seperti Teras Sunda Cibiru, Sport Jabar Arcamanik, Gedung Rumentang Siang, BCH, Taman Budaya Dago, RRI Bandung, Museum Sri Baduga dan Padepokan Mayang Sunda