Nasional

Menteri PPPA Apresiasi Penanganan Terpadu Bencana Di 3 Provinsi

JAKARTA.SJN COM,-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memberikan apresiasi atas penanganan terpadu yang telah dilakukan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah di 3 provinsi terdampak bencana banjir yakni DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Hal ini disampaikan Menteri Bintang usai meninjau kondisi pengungsi di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (08/01).

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Kementerian/lembaga seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan sudah melakukan penanganan bencana dan para korban bencana yang terkoordinasi baik dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang telah mendahulukan kelompok rentan anak, perempuan dan lansia. Kerjasama yang terpadu tersebut bisa terlihat mulai dari proses evakuasi para korban terdampak hingga bantuan kesehatan bagi korban,” ujar Menteri Bintang.

Menteri Bintang menambahkan bahwa sebagai Kementerian yang bergerak pada tataran koordinatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) berupaya memastikan hak-hak kelompok rentan terpenuhi dan korban mendapatkan penanganan serta bantuan yang spesifik gender.

“Kami (Kemen PPPA) mempunyai tugas dan fungsi untuk melindungi, memperhatikan, dan memastikan pemenuhan kebutuhan kepada perempuan dan anak sehingga melihat proses penanganan terpadu yang terkoordinasi baik ini cukup membanggakan. Harapannya ke depan bagaimana dari BNPB melalui PERKA No 14 Tahun 2015 tentang Pengarusutamaan Gender di Bidang Penanggulangan Bencana ini tetap menjadi prioritas, dan walaupun sudah dilaksanakan, kami akan tetap kawal untuk mendorong hal itu tetap dilakukan agar kelompok rentan anak dan perempuan tetap merasa aman berada di situasi bencana,” tegas Menteri Bintang.

Terkait kunjungan Menteri Bintang di Kampung Pulo Jakarta, Menteri Bintang menegaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan arahan presiden serta tindak lanjut atas hasil keputusan rapat koordinasi (Rakor) yang membahas tentang evaluasi tanggap darurat bencana banjir sehari sebelumnya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Rakor ini dihadiri antara lain Menteri LHK, Mendikbud, Mentan, Kepala BMKG, Gubernur DKI Jakarta Wagub Banten, Wamen BUMN, Wamen PUPR, Sekjen Kemkes, Kepala Basarnas, Wamen Kementerian Desa, Kepala BMKG, Kemsos, dan Kemdagri. Menteri Bintang dalam waktu dekat juga akan meninjau daerah terdampak banjir di Lebak, Provinsi Banten.