Polrestabes Bandung Kerahkan 2.300 Personel, Untuk Amankan Tahun Baru

BANDUNG.SJN COM,-Polrestabes Bandung mengerahkan 2.390 personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru di Kota Bandung. Personel Polri itu melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup di sejumlah titik keramaian.

Beberapa lokasi yang diprediksi bakal menjadi tempat kumpul masyarakat saat malam tahun baru sekaligus menantikan detik-detik pergantian tahun di Kota Bandung antara lain, kawasan Alun-alun Bandung, Lapangan Gasibu, Tegalega, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Asia Afrika, Pasteu, dan Sukajadi.

“Titik-titik itu merupakan tempat yang dijadikan masyarakat untuk berkegiatan. Itu yang menjadi perhatian (pengamanan),” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka Kota Bandung, Selasa (31/12/2019).

 

Agar tidak terjadi kemacetan parah sehingga menyebabkan arus lalu lintas stuck, ujar Irman, kepolisian akan melarang kendaraan parkir sembarangan di bahu jalan. “Parkir tempat-tempat yang sudah disiapkan untuk kelancaran arus lalu lintas. Ikuti arahan petugas,” ujar Irman.

Sementara itu, kegiatan car free night (CFN) pada malam tahun baru kali ini tidak digelar agar arus lalu lintas di Jalan Asia Afrika normal.

“Tahun ini kami tidak melaksanakan CFN di Asia Afrika. Kami telah koordinasi dengan pemda (Pemkot Bandung) sehingga seluruh arus kendaraan berjalan normal,” tutur dia.

Meski demikian, ungkap Irman, Polrestabes Bandung tetap mewaspadai kawasan Jalan Asia Afrika. Pasalnya, meski tidak ada CFN, masyarakat diprediksi tetap merayakan malam tahun baru di kawasan tersebut. Jika terjadi kepadatan arus, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polrestabes Bandung bakal melakukan pengalihan arus.

“Situasional, diskresi kepolisian. Kalau terjadi kepadatan arus, nanti akan dilakukan penutupan dan pengalihan. Belajar dari pengalaman, walaupun tidak ada CFN, tapi masyarakat merayakan malam tahun baru di lokasi tersebut,” ungkap Kapolrestabes.

 

rman mengatakan, Pemkot Bandung sudah memiliki agenda dalam merayakan pergantian tahun. Pemkot Bandung menggelar acara zikir bersama bertajuk ‘Bandung Berzikir’ baik berpusat di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana dan di tiap kecamatan.

“Pemda melaksanakan zikir akbar malam ini di Masjid Ukhuwah. Sedangkan Pemerintah Provinsi Jabar muhasabah di Pusdai.
Di setiap kecamatan juga ada instruksi wali kota ada zikir sehingga diharapkan rangkaian kegiatan malam tahun baru cukup ramai namun diisi kegiatan positif, sehingga kamtibmas akan tetap terjaga,” kata Irman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.