POLRI

Musim Hujan Tiba, Sat Brimon Polda Jabar Siagakan Pasukan Untuk Hadapi Bencana

SUMEDANG.SJN COM,-Satuan Brimob Polda Jabar melaksanakan Apel Siaga Bencana , Apel ini dilaksanakan untuk mengantisipasi bencana alam dan memastikan kesiapan personel serta peralatan.

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin, S.I.K., bertindak sebagai komandan apel  di Mako Batalyon A Pelopor, Jatinangor – Sumedang.Selasa (31/12/2019).

 

Dalam arahannya Dansat Brimob Polda Jabar menyampaikan bahwa “Apel gelar pasukan dan Peralatan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan baik personel maupun peralatan serta perlengkapan dalam mengantisipasi situasi kontijensi bencana alam, Utamanya di Wilayah Jawa Barat.

 

Seusai apel, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., didampingi Wadansat Brimob, Kabag Ops, dan PJU Satbrimob Polda Jabar memeriksa personel dan peralatan SAR  Satbrimob Polda Jabar, selain itu telah disusun pula rencana kontijensi dalam penanganan bencana alam, seperti longsor dan banjir, serta kecelakaan lalu lintas. “Kami siapkan personel untuk mengantisipasi bencana alam,” ujar Dansat Brimob  Polda Jabar.

 

Kombes Pol Asep Saepudin menuturkan, pada pelaksanaannya, para personel yang disiapkan sebagai tim siaga bencana ini akan bergabung dengan tim siaga bencana di masing-masing polres di wilayah hukum Polda Jabar. Mereka akan turun bersama instansi lain dalam penanganan bencana alam.

Kesiapasiagaan tim siaga bencana ini juga sebagai salah satu tim pendukung dalam melancarkan Operasi Lilin Lodaya 2019 yang digelar selama dua pekan, 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Brimob Jabar  juga telah menyiapkan 2 Regu Sar dengan Pembagian 1 Tim SAR di Pantai Cirebon, dan 1 Tim SAR di Pantai Pangandaran.

 

“Ini menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pascabencana yang dilaksanakan dengan cepat dan tepat sasaran, efektif dan efisien,” pungkas Dansat Brimob Polda Jabar.(hms)