Selain Tari Umbul, Ada Dua Tarian Rakyat Khas Sumedang Yang Pernah Berjaya

SUMEDANG,SJN COM,-Selain tari umbul yang merupakan jenis tarian rakyat asli Sumedang, ada dua tarian rakyat lainnya yang ingin Ambu Karina perkenalkan dan populerkan di Sumedang pada masa kini. Menurut penari dan pemilik Sanggar Karina Maung Lugay ini, dari pengalamannya belajar seni tari, ia mengetahui ada lagi tarian rumpun rakyat di Sumedang. Yaitu, Cikeruhan dan Surak Dadap.

“Jadi saya pernah belajar juga tentang budaya tari Cikeruhan dan Surak Dadap, ini adalah tarian rumpun rakyat yaitu tarian yang lahir di kalangan rakyat yang juga harus sama-sama dipopulerkan menjadi tari kreasi,” kata Ambu Karina, Jumat (27/12/2019).

Dua tarian ini, jelas Ambu Karina, lahir di daaerah Sumedang bagian barat yaitu di Cikeruh atau yang sekarang disebut Kecamatan Cimanggung. Begitu juga Surak Dadap yang lahir di daeah Dadap atau Desa Sawah Dadap pada masa kini. Dua tarian ini juga sering digunakan sebagai penampilan helaran di tengah rakyat.

“Surak itu berteriak sambil keprok beramai—ramai yang dilakukan di daerah Dadap pada zaman dulu, mungkin seperti itu filosofisnya, tapi memang ada tarian rakyat surak dadap yang pernah saya pelajari ketika belajar seni tari,” kata Ambu.

Karina berharap ada pengelitian lebih lanjut tentang tarian ini sehingga dapat menjadi seni tari yang bisa dipertontonkan. Selain itu, karakteristik tarian rakyat ini memang relatif mudah dipelajari gerakannya. ***(mth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.