Regional

Desa Wisata Kopi Cibeureum Diresmikan Bupati Kuningan

KUNINGAN.SJN COM,-Bupati Kuningan meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum di Dusun Endang Jumaga Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus, hari ini Selasa (10/12/12).

Desa Wisata kopi ini merupakan Desa Wisata pertama di Kabupaten Kuningan yang dikembangkan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon. Desa Cibeurem merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilimus yang cukup banyak menyimpan sejarah kopi dan produksi kopi.

Pengembangan desa wisata yang dilakukan oleh Bank sentral milik Pemerintah tersebut yaitu membina Desa Cibeureum dari mulai pembinaan keterampilan dan peralatan sebagai fasilitas pengembangan sehingga menjadi Desa Wisata kopi yang maju.

Acara peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH didampingi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Cirebon Fadhil Nugroho, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindusterian Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Si, Kadis Koperasi dan UKM, Ir. Bunbun Budiasa dan Camat Cilimus Dra. Eni Sukarsih, M.Si. Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang poduksi kopi dan pabrik kopi Cap Gunung Ciremai, yang diproduksi di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus.

Dalam sambutan Kepala perwakilan BI Cirebon mengatakan bahwa Desa Cibeureum merupakan salah satu dari sekian desa yang berada di Kuningan yang memiliki potensi wisata yang banyak terutama dalam bidang kopi.

Fadil berharap Desa Cibeureum kedepannya dapat lebih maju dan kreatif dengan perkembangan dunia pariwisata saat ini, sehingga Desa Wisata Kopi Cibeureum bisa dikenal oleh masyarakat luar.

Sementara itu Bupati Kuningan mengapresiasi dan mendukung penuh adanya Desa Wisata yang di bina oleh Bank Indonesia karena ini sejalan dengan visi Kuningan MAJU (Ma’mur, agamis, pinunjul) berbasis desa dan selalu berkontribusi untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

“Dengan telah ditetapkannya sebagai desa wisata, keberadaan Cibeureum tentu akan sangat membantu pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan”. Ucapnya.

Akhir sambutannya bupati berharap dengan adanya Desa Wisata Kopi ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan tentunya menjadi desa yang pinunjul selaras dengan visi Kuningan.(man)