TNI

Tim Penanggulan Bencana Kodim 0603/ Lebak Berhasil Selamatkan 9 orang Korban Terjebak Longsor

LEBAK.SJN COM,-Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak Korem 064/MY berhasil menyelamatkan 9 orang korban yang terjebak  longsor tambang emas di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Sabtu (7/12/2019).

Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak bekerjasama dengan Kepolisian, BPBD, Sar, PMI, Relawan dan masyarakat.

Akibat dari longsor tersebut, terdapat beberapa daerah terkena dampaknya diantaranya, akses jalan Provinsi dan poros jalan desa masih terputus akibat tinbuma material tanah.

Saat ini kondisi debit air dialiran sungai Cimadur sudah normal dan masyarakat sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak pasca terjadinya longsor yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan luapan sungai Cimadur, Tim gabungan melaksanakan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan Gunung Luhur dan Desa Ciusal .

Pada pelaksanaannya, Dandim 0603/Lebak mengerahkan personil gabungan yang terdiri dari, personil Kodim 0603/Lebak, BPBDKab. Lebak, SAR Lebak, PMI Lebak, Ormas/Relawan dan Masyarakat dengan menggunakan 5 unit alat berat.

9 orang masyarakat yang terjebak longsor dilubang bekas tambang emas berhasil diselamatkan oleh Tim Penanggulangan Bencana Gabungan Kodim 0603/Lebak dan selanjutnya diadakan pemeriksaan medis oleh  PMI Kab. Lebak.

Dandim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan menyampaikan, ” pasca terjadinya longsor akibat curah hujan yang tinggi dan luapan sungai, personil tim  penanggulangan bencana gabungan terus malakukan pendataan agar tidak terdapat lagi korban akibat longsor”.

Selanjutnya, ” tim melakukan pembersihan material yang menutup jalan akibat longsor dan tim melakukan siaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, ” terangnya. (Pendam III/Siliwangi).