Pemerintahan

Jaring Atlet Berkuda, Kejurda Piala Gubernur Jabar Digelar

SUMEDANG.SJN COM,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) berkuda Piala Gubernur Jawa Barat di Gelanggang Pacuan Kuda Cibogo, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Minggu (8/12/19). Wagub berharap dari 150 peserta lahir atlet-atlet berkualitas Jabar yang akan diikut sertakan di event bergengsi dengan level lebih tinggi.

“Mudah-mudahan akan lahir atlet berkuda yang akan mengharumkan nama Jabar,” harapnya.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga kini tengah fokus salah satunya pembinaan atlet berkuda termasuk peningkatan sarana prasarana. Lapangan pacuan kuda yang merupakan venue adalah hasil relokasi pacuan kuda Arcamanik Bandung.

“Kami fokus dan memberikan perhatian kepada atlet berkuda termasuk sarana pacuan kudanya. Kami memiliki lapangan pacuan kuda yang representatif dan strategis seperti di sini (Cibogo),” ujar Uu.

Namun demikian ada beberapa fasilitas di arena tersebut yang harus ditingkatkan. Uu mengatakan, Pemdaprov Jabar akan mengupayakan menggunakan APBD 2020 untuk membenahi pacuan kuda Cibogo.

“Ada sarana yang harus kami tingkatkan, Insyaallah nanti di anggaran tahun 2020 akan kami upayakan,” katanya.

Selain untuk menjaring atlet berkuda, kejurda berkuda ini juga bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena terdapat unsur wisata. Ribuan warga Sumedang dan kota di sekitarnya terlihat memadati arena pacuan kuda Cibogo.

“Kami apresiasi kegiatan ini, selain sunnah rasul, olahraga dan kesehatan juga meningkatkan perekonomian rakyat karena ada unsur wisata,” ucapnya.

Ketua pelaksana kegiatanzJejen, mengungkapkan, event yang memperebutkan piala Gubernur dan uang pembinaan ini menjadi momentum kebangkitan berkuda Jawa Barat. Ia pun menyambut baik upaya Pemdaprov Jabar yang akan meningkatkan fasilitas arena pacuan kuda Cibogo dan berharap segera memiliki nama resminya.

“Pembangunan lapangan berkuda ini adalah relokasi pacuan kuda yang sebelumnya di Arcamanik tapi nama gelanggangnya belum ada,” ujarnya.

Jejen menuturkan, Kejurda Piala Gubernur 2019 ini untuk persiapan menghadapi Kejurnas Piala Presiden 2020 di mana Jabar akan menjadi tuan rumah.

“Jabar akan jadi tuan rumah piala Presiden 2020 dan rencananya digelar disini, karena tahun 2019 ini juara umum berkuda tingkat nasional,” tutur Jejen.(hms/die)