Pemerintahan

Lantik Pejabat Eselon III dan IV , Gubernur Jabar Tekankan Pentingnya Integritas

BANDUNG.SJN COM,-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Pejabat Struktural Eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (28/11/19).

Lewat arahannya, gubernur yang akrab disapa Emil ini menekankan bahwa kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) diukur melalui tiga indikator yakni integritas, profesionalitas, dan melayani sepenuh hati.

“Kalau tidak bisa memiliki ketiganya, minimal punya yang nomor satu: Integritas,” tegas Emil.

Emil mengatakan, integritas penting karena sebagian pejabat struktural yang dilantik akan bekerja di bidang anggaran hingga bidang pelayanan publik yang menguji integritas.

“Sudah takdirnya ASN tupoksi utamanya melayani. Warga tidak semuanya mengerti (birokrasi). Sehingga dibutuhkan rasa sabar dalam pelayanan,” ucap Emil.

“Maka batin, gestur, dan lisan, harus sepenuh hati melayani dengan prinsip kebermanfaatan untuk masyarakat,” tambahnya.

Pun di era disrupsi saat ini, Emil mengingatkan para ASN untuk bergerak secara dinamis untuk mengantisipasi pekerjaan rutinitas yang bisa saja digantikan oleh teknologi.

Kepada para pejabat struktural Eselon III dan IV yang dilantik, Emil juga berpesan agar mereka sepatutnya hadir menjadi seorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan asas keadilan dalam kepemimpinan.

“Gunakanlah referensi aturan, hukum, batin dalam menjalankan tugas,” tutur Emil.

“Kita tidak ingin ada lagi pejabat menginformasikan hal yang tidak perlu dikonsumsi publik (hoaks), melakukan hal tercela, juga membangkang kepada atasan,” tegasnya.

Terakhir, Emil tak lupa mengingatkan bahwa jabatan yang diemban merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi dengan kredibilitas. Usai dilantik, para pejabat tersebut pun diharapkan langsung bekerja sesuai amanat.(hms/die)