UPTD Puskesmas Cikoneng Sudah Terakreditasi

CIAMIS.SJN COM,-Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya UPTD Puskesmas Cikoneng resmi mendapatkan akreditasi dengan nilai yang cukup memuaskan.Perlu diketahui, akreditasi Puskesmas diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang telah ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan. Dengan nilai memuaskan yang melekat pada Puskesmas Cikoneng tersebut, diasumsikan Puskesmas tersebut telah memenuhi standar.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Cikoneng, Mulyana, SKM, melalui akreditasi tersebut yang nilainya sangat membanggakan, menunjukkan upaya pihaknya dalam meningkatkan mutu pelayanan untuk memberikan kepuasan terhadap masyarakat sudah bisa terukur. “Alhamdulillah, kerja keras Pemkab Ciamis melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas Cikoneng telah terakreditasi dengan nilai yang memuaskan.

UKendati demikian, ada beberapa hal yang perlu dibenahi, di antaranya penambahan ruang pendaftaran, ruang rekam medis, ruang IGD dan ruang lansia,” jelasnya pada Swara Wanita belum lama ini di ruang kerjanya.

Menurut Mulyana, SKM, bahwa dalam pembangunan Puskesmas Cikoneng masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan Permenkes No 75 tahun 2014. Dari nilai akreditasi ini kita semakin terpacu untuk membenahi berbagai hal yg memang perlu, terutama mutu pelayanan kepada masyarakat.

Adapun tujuan dilakukan akreditasi, adalah untuk meningkatkan mutu layanan Puskesmas, memacu standar pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat, yg merupakan implikasi dari fungsi sebagai pelayan masyarakat.

“Karena itu, dengan adanya penilaian akreditasi ini, tentu mutu pelayanan di PuskesmasCikoneng akan terwujudnya lewat pelayanan prima kepada masyarakat secara berkesinambungan,” pungkas Mulyana, SKM.

Sementara itu ditempat terpisah, kepala Dinas kesehatan Kab. Ciamis Drs Engkan Iskandar, mengharapkan agar semua Puskesmas nantinya bisa terakreditasi. Dengan terakreditasinya puskesmas di Kab. Ciamis, maka pelayanan kesehatan semakin meningkat. “Peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas, lanjut Engkan, perlu terus ditingkatkan kualitas mutu dan kinerja dan pengembangan sistem manajemen dan mutu perbaikan kinerja secara komprehensip dan berkesinambungan menuju pelayanan prima, diera digital ini”, tuturnya.

“Dengan telah terakreditasinya Puskesmas Cikoneng, ini menjadi motivasi jajarannya untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat. Kami harap Puskesmas lain juga bisa mendapatkan nilai akreditasi”, pungkas Engkan. (Rukmini/Zen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.