Olahraga

Kontingen Jabar Pimpin Klasmen Sementara POPNAS 2019

JAKARTA.SJN COM,- Hingga hari ketiga Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019, Senin 18 November 2019, Kontingen Tim Jawa Barat (Jabar) berhasil mengamankan puncak klasemen sementara dengan 27 medali.

Rinciannya, skuad ‘Jabar Juara’ ini berhasil mendapatkan delapan emas, 11 perak, dan delapan perunggu hingga Senin (18/11) malam WIB.

Sejak jadwal pertandingan dalam event paling bergengsi bagi siswa se-Indonesia ini dimulai Sabtu (16/11), emas cabang olahraga (cabor) karate menjadi pembuka keran medali bagi Jabar.

Medali pertama tersebut disumbangkan Yudha Fadillah Pratama dari nomor kata perorangan putra pada Senin (18/11) usai mengalahkan rival asal Jawa Tengah di Gelanggang Remaja Cempaka Putih, Jakarta.

Selain Yudha, tujuh emas lain disumbang Ridwan Pawas (karate), Yudha/Gilang Waluyo/Syahrun Nizar (karate), Arya Rizki Mahesa (taekwondo), Noverentiwi Ramadhanifa (taekwondo), Dede Heti (atletik), Natasya Mahdalita (atletik), dan Andyka Agyas (tarung derajat).

Sementara untuk medali lainnya ditambah dari cabor taekwondo yang menyumbang dua perak dan satu perunggu, tarung derajat (lima perak, dua perunggu), karate (satu perak, dua perunggu), atletik (satu perak, satu perunggu), dan angkat besi (dua perak, dua perunggu).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Engkus Sutisna mengatakan, target Kontingen Tim Jabar adalah mempertahankan gelar juara umum pada event dua tahunan itu.

“Edisi (POPNAS) sebelumnya kami juara umum di Semarang pada 2015. Itu harus dipertahankan sesuai visi Jabar Juara,” kata Engkus.

“Setelah ini (delapan emas, 11 perak, dan delapan perunggu) kami masih memiliki potensi emas lainnya dari renang, pencak silat, maupun bulu tangkis,” tambahnya.

Adapun, Jawa Timur mengekor Jabar di posisi dua klasemen sementara POPNAS XV/2019 dengan tujuh emas, lima perak, dan sembilan perunggu. Di posisi tiga, ada tuan rumah DKI Jakarta dengan tujuh emas, empat perak, dan tujuh perunggu.

POPNAS ke-15 yang mempertandingkan 13 cabor ini dimulai pada Sabtu (16/11) dan resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali lewat opening ceremony di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Jakarta, Minggu (17/11).

Turnamen yang diikuti 2.631 pelajar dari 34 provinsi se-Tanah Air ini memperebutkan 221 emas, 221 perak, dan 314 perunggu hingga pertandingan terakhir berlangsung pada Minggu (24/11) mendatang.(hms/die)