Kadisdik Jabar Membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Jawa Barat Tahun 2019

BANDUNG.SJN COM,-Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pembinaan Sekolah Kejuruan (SMK), senantiasa selalu berupaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan kebutuhan dunia usaha/industri yang saat ini memasuki revolusi 4.0 yang tentunya agar para peserta didik dapat meraih prestasi setinggi-tingginya sehingga siap menghadapi dunia kerja sesuai ketrampilan yang dipersyaratkan di pasar kerja dalam dan luar negeri. Untuk itu diadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Jawa Barat Tahun 2019 bertempat di SMKN 6 Bandung.Senin (18/11/2019).Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik) Dewi Sartika, Kepala Bidang PSMK Deden Saeful Hidayat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Otin Martini, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK Jabar Hadi Sumantoro, dan Kepala SMKN 6 Kota Bandung M.Lukman.

Lomba ini di ikuti oleh 1.048 peserrta dan pembimbing dari 27Kabupaten/Kota se-Jawa Barat yang berlangsung 18-21 November 2019.

Kepala Bidang PSMK Deden Saeful Hidayat,sebagai ketua Panitia menuturkan bahwa Lomba Kometensi Siswa (LKS) Tingkat Jawa Barat pada dasarnya dapat menciptakan dan menumbuhkembangkan mental juara yang sportif, para peserta diharapkan mampu memiliki keunggulan motivasi serta kejujuran untuk menjadi yang terbaik.Hanya mereka yang mampu memenangkan persaingan yang akan memperoleh kemenangan dalam kehidupan.

Tema kegiataan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 adalah” Revitalisasi SMK Bermutu dan Berkarakter Kuat Mneuju Jabar Juara lahir Bathin”ujarnya.

Peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Jawa Barat Tahun 2019 diikuti 540 peserta dengan materi lomba sebanyak 31 dengan lokasi Lomba di Kota Bandung dan Kabupaten Subang ujar Deden.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik) Jawa Barat Dewi Sartika,menuturkan bahwa Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ini merupakan ajang kompetisi bagi siswa SMK se Jawa Barat, sehinggan nantinya yang keluar juara berhak untuk mewakili Jawa Barat Ke-Tingkat Nasional pada Tahun 2020 tegas Dewi Sartika.

Lebih lanjut Dewi Sartika menegaskan bahwa peran serta siswa SMK kejuaran agar memiliki kemampuan untuk menggerakan roda perekonomian negara, karena melalui SMK dilakukan pendidikan kreatif yang menjadi subyek pembelajaran sehingga menjadikan sisw berkarakter, kompetensi, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, inovatif serta siswa SMK memiliki jiwa kewirausahaan tandasnya.

Tujuan diadakannya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yaitu Memacu setiap SMK meningkatkan kualitas proses dan hasl pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja, meningkatkan citra SMK dan mempromosikan perkembangan kualitas performansi kerja yang dimilik siswanya, memupuk persahabatan dan kerjasama secara regional dan membangun pemdidikan menegah kejuruan, menyediakan wahana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja pungkasnya. (dh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.