Pemerintahan

Pemdaprov Jabar Gali Potensi Desa Wisata

PURWAKARTA.SJN COM,-Dalam upayanya membangun Jawa Barat (Jabar), Pemerintah Daerah Provinsi (Pemda) Provinsi Jabar terus memeratakan pembangunan, meningkatkan laju perekonomian, serta menggali potensi wisata.

Saat meninjau Obyek Wisata Alam Pasir Langlang Kabupaten Purwakarta, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya terus menggali potensi wisata dengan memunculkan kekayaan atau keragaman produk lokal.

Selain itu, Pemdaprov Jabar juga berusaha memunculkan dan mengangkat ciri khas atau jati diri masyarakat Jabar melalui sektor pariwisata.

“Sebab pariwisata memberikan multiplier effect, dipicu aktivitas wisata akan memacu timbulnya kegiatan ekonomi lain,” kata Uu di Desa Pusakamulya Kec. Kiarapedes Kab. Purwakarta, Senin (4/11/19).
Uu menambahkan, fasilitas, infrastruktur, dan aksesibilitas menuju lokasi wisata khususnya di wilayah perdesaan ikut menjadi salah satu fokus utama.

Promosi lewat berbagai event pun dilakukan Pemdaprov Jabar, salah satunya pada West Java Festival 2019 yang sekaligus bertepatan dengan peluncuran Smiling West Java, aplikasi yang berisi informasi lokasi wisata di Jabar.

Menurut Uu, pihaknya pun telah melakukan survei terhadap kurang lebih 11 titik lokasi di wilayah perdesaan Jabar. Pada 2020, ditargetkan ada 10 objek wisata di perdesaan yang mulai dikembangkan.

“Di perdesaan kita dukung (objek wisata) dengan sarana dasar. Kebanyakan jalan menuju objek wisata yang minta diperhatikan” ucap Uu.

“Kami harapkan tahun depan sudah ada progres seperti yang diharapkan,” ujarnya mengakhiri.(dh)