Ika Candani Siap Dedikasikan Potensinya Demi Kemajuan Desa Mekarsari

GARUT, SJN COM, – Tiga kontestan siap meramaikan bursa pemilihan kepala desa (Pilkades) Mekarsari Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Pilkades yang sedianya akan dilaksanakan pada 5 November 2019 mendatang ini sudah memasuki tahap kampanye umum usai tahapan penomoran bagi masing-masing kandidat.

Justru yang menarik, dari ketiga calon Kades Mekarsari, ada satu kandidat perempuan yang kini maju dengan nomor urut 1.

Sosok Ika Candani atau akrab disapa Teh Ade ini merupakan puteri daerah yang lahir di Desa Mekarsari, tepatnya di Kampunt Pasirjeungjing RT 01RW 07. Dalam kancah demokrasi 5 tahunan bagi warga Mekarsari ini, dirinya termotivasi ingin lebih memajukan dan mengembangkan desa sebagai tanah kelahirannya agar semakin maju dan berkembang.

“Mewujudkan Desa Mekarsari yang maju, sehat, mandiri, sejahtera dan berdaya saing merupakan bagian dari visi dan ikhtiar saya ke depan dalam mewujudkannya. Hal itu tentunya membutuhkan dorongan dan kerjasama yang sinergis antara pemerintah desa dengan warganya,” ujar putri ketiga dari pasangan Drajat dan Irah (alm).

Diakuinya, dirinya siap mendedikasikan segenap pikiran, waktu, tenaga dan upayanya demi majunya Desa Mekarsari yang berpotensi pada kemandirian dan kesejahteraan warganya.

Bukan hanya itu, ia juga juga akan berupaya melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sejumlah program pendidikan yang berbasis keagamaan maupun beasiswa untuk sekolah umum.

“Berkembangnya suatu daerah tentu diperlukan penguatan SDM yang berdaya saing. Untuk itu saya berharap ke depan, peningkatan SDM di Mekarsari seiring sejalan dengan karakter moral yang dibangun,” ujarnya belum lama ini di Garut.

Ditambahkannya, atas semangat, dorongan dan dukungan yang luar biasa dari warga Mekarsari kepadanya adalah bagian motivasi bagi dirinya untuk semakin mengokohkan  dalam memperjuangkan

visi dan misinya.

Disebutkan, dalam misi menjalankan roda pemerintahan desa, ia akan melanjutkan program-program Pemerintah Desa Mekarsari periode sebelumnya sebagaimana tercantum dalam dokumen RPJMDes Desa Mekarsari, sebagai bagian kesinambungan program kerja.

Disamping juga dirinya ajan berupaya memberdayakan potensi yang ada di masyarakat yang meliputi SDM, terutama perempuan dan lembaga karang taruna, Pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) serta Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan.

Misi lain yakni mencoba mengoptimalkan penyelenggaraan Pemerintah Desa dengan melaksanakan pembangunan Desa yang berkesinambungan dengan mengedepankan musyawarah dan gotong royong.

“Dari potensi yang ada di Desa Mekarsari, saya beserta perangkat desa juga bersama warga akan membangun dan meksimalkannya agar lebih terasa manfaatnya. Kemajuan Desa Mekarsari adalah kemajuan bagi warganya,” papar Teh Ade.

Ia menilai, salah satu solusi dalam untuk mengurangi keinginan masyarakat desa untuk bekerja ke perkotaan adalah dengan meningkatkan ekonomi pedesaan.

“Dengan dukungan pemerintah, program peningkatan ekonomi desa sangat diperlukan. Hal ini sangat strategis bila dikembangkan kelak, sebab akan menjadi sumber pendapatan bagi warga,” katanya.

Ia mengamati tidak sedikit sumber yang dapat digali dari potensi yang ada diantaranya mengembangkan produk usaha masyarakat, pengembangan di sektor pertanian, mengelola desa wisata dengan potensi yang dimiliki juga  mengembangkan sarana olahraga.

“Sinergitas antara stake holder khususnya yang berada di Desa Mekarsari sangat dibutuhkan, proses itu perlu dibangun dalam semangat kebersamaan dan gotong-royong,” harapnya seraya menegaskan demi pencapaian visi misi itu diperlukan dukungan semua pihak khususnya peranan warga.

Hingga kini, dalam tahapan yang dilalui pada Pilkades Mekarsari semua calon telah menyiapkan visi misi untuk memikat suara warganya yang terdiri dari 7 RW.

Serta jajaran Panitia Pemilihan Kepala Desa Mekarsari pun telah mensosialisasikan agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan dengan baik dan benar. Selain itu,  Panitia pun mengajak masyarakat mensukseskan Pilkades Mekarsari dengan aman, damai, jujur adil dan transfaran. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.