Masyarakat Desa Tenjolaya Dapat Bantuan Air Bersih Dari Karmin

BANDUNG.SJN COM,-Kalau dulu walaupun tidak melimpah tapi air ada untuk kebutuhan sehari hari warga. Nah sejak sekitar 20 tahun terakhir ini setiap kemarau pasti di 12 RW dari jumalah 22 RW di desa kami kekeringan sumur sumur mengering.

Ini terjadi karena semakin banyak lahan yang dijadikan perumahan dan otomatis pepohonan yang berfungsi sebagai resapan air terus berkurang,

Dikatakan Karmin untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga di 12 RW tersebut cukup sulit. Untuk meringankan beban masyarakat, setiap musim kemarau ia membantu masyarakat dengan memberikan air bersih gratis. Setiap RW yang kesulitan air itu, di drop tiap hari air bersih.

“Di desa ini semuanya ada 22 RW dan sekitar 12 RW diantaranya selalu kesulitan air setiap musim kemarau.

Kami membantu meringankan beban warga yang mencapai 2000 dari total 4000 an KK ini. Ada yang langsung di drop dengan mobil  dan ada juga dengan memberdayakanwarga yang punya mobil dan kami sediakan air bersihnya. Ini rutin kami lakukan setiap musim kemarau,” ujarnya.

Disinggung mengenai solusi pengadaan air buat warga, pihaknya berjanji kalau terpilih menjadi Kepala Desa Tenjolaya, kedepan ia tak ingin lagi melihat sebagian warga desanya kesulitan air bersih setiap musim kemarau. Ia bersama warga di desanya akan memprioritaskan pembangunan sarana air bersih.

Selain itu, upaya penghijauan dan pembuatan sumur resapan akan dilakukan. Tujuannya, ketika musim hujan, air bisa terserap dan menjadi cadangan air disaat kemarau tiba.

“Sumber air ada dibawah sekitar 6 KM dari pemukan.

Kami akan mencari cara agar air dari sana bisa dinaikan kesini, selain itu kami juga mengajak warga agar menanam pohon dan membuat sumur resapan di halaman rumah masing masing. Ini sangat penting untuk memutuskan masalah yang setiap kemarau.

Sam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.