Parlementaria

Komisi IV DPRD Jabar Kunjungi Gunung Geulis Sumedang

SUMEDANG.SJN COM,-Saat ini sistem perizinan harus memiliki standar yang jelas, jangan sampai pemberian perizinan penambangan di wilayah Jawa Barat menimbulkan masalah yang dapat merugikan masyarakat.

Hal tersebut perlu dilakukan agar solusi dari permasalahan yang kerap terjadi pasca kegiatan penambangan dampaknya dapat segera ditanggulangi, dan tidak mengakibatkan permasalahan yang meluas terhadap kondisi lingkungan di Jawa Barat.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, saat mendampingi Komisi IV DPRD Provinsi jawa barat Melakukan Peninjauan Lapangan Ke Gunung Geulis Di Kabupaten Sumedang, Rabu (16/10/2019 ).

“Bila masih ada yang tidak sesuai harus dilakukan punishment (hukuman), yang disesuaikan dengan aturan yang secara normatif dilakukan pada usaha-usaha tambang seperti ini,” tegas Ineu.

Komisi IV melakukan peninjauan Ke Gunung Geulis Berdasarkan Aspirasi Dari Komunitas Peduli Gunung Geulis yang beberapa waktu lalu ke DPRD Jabar terkait adanya galian, eksploitasi tanah di Desa Jatimukti dan ruang terbuka hijau ( RTH ) PT.Kahatek Di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Ineu yang berangkat dari daerah pemilihan kabupaten Sumedang ini juga mengapresiasi upaya yang telah ditempuh oleh unsur masyarakat di sekitar wilayah Gunung Geulis dalam upaya penataan lingkungan dan keberlangsungan ekosistem alam di wilayah tersebut.

Lebih lanjut disebutkannya. Dari hasil pertemuan pihak perusahan dengan masyarakat dihasilkan beberapa catatan. Salah satunya rencana penataan lingkungan dengan melakukan penanaman ribuan pohon di sekitar wilayah Gunung Geulis.

Diharapkannya, dengan adanya rencana penataan lingkungan di sekitar wilayah Gunung Geulis ini dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan beberapa harapan masyarakat. Salah satunya terkait ancaman bahaya bencana alam, yang saat ini di khawatirkan oleh masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebutkan, dibutuhkan tata kelola yang tepat agar potensi-potensi alam di Jawa Barat dapat dimanfaatkan dan hasilnya secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Dan ketika rencana penataan lingkungan di Gunung Geulis berhasil dilakukan maka hal tersebut akan menjadi percontohan bagi penataan lingkungan di daerah lain,” katanya.(hms/dh)