Pemerintahan

Kunjungi Korban Kerusahan Wamena, Oded Janji Pemkot Akan Membantu

BANDUNG.SJN COM,-Dua warga Kota Bandung yang korban konflik Wamena, Santana dan anaknya Yudha Saputra mendapat kunjungan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Jumat (11/10/2019).

Oded didampingi sang istri, Siti Muntamah dan Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengunjungi rumah kedua korban di Jalan Cipedes Tengah, Sukajadi, Kota Bandung, Jumat (11/10/2019).

Santana dan anaknya, Yudha Saputra berhasil keluar dari daerah konflik dengan difasilitasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Mereka bersama sejumlah warga Jawa Barat lainnya yang terjebak di daerah konflik, saat ini sudah berada di kampung halamannya masing-masing.

Santana maupun Yudha yang sudah tiga tahun bekerja sebagai juru masak di Papua, menceritakan kondisi di Wamena saat kerusuhan terjadi. Mereka menuturkan bagaimana akhirnya bisa kembali ke Kota Bandung.

Sebelum bisa kembali ke Bandung, mereka sempat mengungsi ke beberapa tempat. Setelah beberapa hari di sana menyaksikan kerusuhan itu, saya sempat mengungsi ke banyak tempat hingga akhirnya bisa pulang ke Kota Bandung. Saya sangat berterimakasih sekali bisa pulang dengan selamat,” ucapnya.

Santana merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bandung yang memperhatikan warganya hingga datang berkunjung ke rumahnya. “Beliau turut prihatin atas apa yang terjadi dengan saya dan anak, karena tertimpa musibah saat kerusuhan di Wamena tersebut,” katanya.

Ia juga berterima kasih terhadap respon Pemerintah Jawa Barat yang cepat sehingga bisa memfasilitasi warganya agar bisa pulang ke rumah dengan selamat.

Sementara itu, dalam kunjungan tersebut, Oded mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membantu memulihkan kondisi dua warganya yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua. Termasuk untuk memfasilitasi agar bisa kembali memiliki mata pencaharian yang baru.

“Insyaallah, untuk memfasilitasi mereka saya tugaskan Pak Tono sebagai Kadinsosnangkis. Saya rasa mereka punya keahlian dan tidak akan susah untuk bekerja kembali di sini,” wali kota yang didampingi sag istri, Siti Muntamah.

Tak hanya itu, Pemkot Bandung juga akan membantu pemulihan psikis Santana dan Yudha Saputra. Karena menurut wali kota, secara kejiwaan keduanya tentu cukup terganggu dan perlu menenangkan diri. Apalagi keduanya menjadi korban kerusuhan dan harus menyelamatkan diri.

“Mereka termasuk korban saat Wamena terjadi kerusuhan dan melihat seperti lautan api. Alhamdulillah mereka bisa selamat, berkat kerja sama yang baik dari Pemerintah Provinsi dan unsur lainnya. Sekarang mereka bisa menenangkan diri dengan berkumpul bersama keluarga,” ungkapnya.