Pemerintahan

Wagub Jabar Harap Lulusan STIKES Muhammadiyah Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

CIAMIS.SJN COM,-Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, perguruan tinggi merupakan salah satu tempat pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Maka itu, perguruan tinggi berkontribusi dalam pembangunan daerah kerena mampu menyiapkan SDM berkualitas.

Uu juga menyatakan, Jabar akan mendapatkan bonus demografi. Bonus demografi adalah kondisi suatu wilayah di mana jumlah penduduk yang berusia produktif lebih besar daripada penduduk usia tidak produktif. Usia produktif sendiri berada pada rentang 15-64 tahun.

“Jangan sampai bonus demografi ini menjadi bencana demografi, kesempatan ini harus kita manfaatkan secara maksimal,” kata Uu saat memberi sambutan dalam kegiatan Wisuda STIKES Muhammadiyah Ciamis Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Islamic Center, Kab. Ciamis, Rabu (9/10/19).

“Hal ini adalah peluang bagi kita, Jawa Barat bisa mengambil peran dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju, di mana salah satu syaratnya adalah kesiapan SDM,” imbuhnya.

Menurut Uu, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar sangat menanti terobosan, gagasan segar, dan inovasi lulusan STIKES Muhammadiyah guna mengakselerasi pembangunan sekaligus mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin.

“Kami berharap dan menunggu kontribusi dari para lulusan STIKES untuk membantu mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, yakni dalam peningkatan kualitas kesehatan, juga unggulnya Sumber Daya Manusia Jawa Barat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Uu berpesan kepada lulusan STIKES Muhammadiyah Ciamis untuk menerapkan ilmu yang telah dikuasai dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuannya agar ilmu yang dimiliki bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga para lulusan STIKES Muhammadiyah Ciamis, di masa ini dan masa depan mampu memperlihatkan kebermanfaatannya bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang meminta lulusan STIKES Muhammadiyah mengimplementasikan ilmu di tengah-tengah masyarakat. “Hari ini wisuda, semoga besok lusa bisa langsung mengimplementasikan ilmu di tengah masyarakat,” ucapnya.

Herdiat pun berharap STIKES Muhammadiyah Ciamis terus berkembang dan mencetak SDM unggul. “Saat ini rata-rata lama sekolah Kabupaten Ciamis 7,6 poin, ke depan tentu kita harapkan meningkat. Ini kita butuh kerja sama dan pengendalian pengawasan bersama,” kata Herdiat.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Chairil Anwar mengatakan, sebanyak 493 wisudawan/i telah berhasil menempuh pendidikan di bidangnya masing-masing dengan baik.

“Atas nama pimpinan pusat Muhammadiyah, saya menyampaikan selamat wisudawan, atas prestasinya yang diraih,” kata Chairil.

“Saya sangat yakin STIKES Muhammadiyah Ciamis telah menyiapkan para lulusan untuk bisa terjun di masyarakat dengan sangat baik,” tambahnya.(hms)