Disnakertrans Jabar Mempunyai 3 Program Unggulan Smartnakertrans, Migran Juara , Milineal Juara

BANDUNG.SJN COM,-Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat mempunyai 3 (tiga) Program Utama yaitu Smart Nakertran, Migran Juara serta Milineal Juara. Hal ini dikatakan oleh Drs. Mochamad Ade Afriandi, M.T Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat pada Japri (Jabar Punya Informasi) di Lobby Museum Gedung Sate. Jumat (4/10/2019). Lebih jauh Ade memaparkan bahwa  Kita ketahui bahwa Smartnakertrans ditujukan untuk memberikan pelayanan paripurna dibidang ketenagakerjaan dan transmigrasi yang terdiri dari : 1. Pembenahan pelayanan penyelesaan sengketa hubungan industrial 2. Pembenahan sistem Pengawasan  3. Revitalisasi Lembaga kerjasama Tripartit dan dewan Pengupahan 4.Percepatan kebijakan pengubahan dan revormasi kebijakan pengupahan 5. Pembenahan sistem jaminan sosial ketenagakerjaan 6. Membangun Program Smartnakertrns 7. Membangun layanan informasi ketenagakerjaan 8. Mengembangkan Program khusus Desa 9. Program DCL (demo Creation Of Labour ).Program ini adalah program yang dikembangkan dalam rangka Hari Buruh se-Dunia yabf jatuh pada 1 Mei ujarnya.

Migran Juara yaitu dengan membentuk Tim khusus di disnakertrns Jabar untuk membangun sistem navigasi Migrasi, sistem ini terbentuk dari seluruh rangkaian sistem pendataan calon tenaga kerja, sistem pengerktutan yang melibatkan sistem ini terbentuk dari seluruh rangkaian sistem pendataan  calon tenaga kerja, sistem pengrekrutan yang melibatkan peran Disnaker Provinsi dan Kota/Kabupaten hingga desa, sistem pelatihan dan sertifikasi, sistem penempatan, serat sistem Tracking warga Jabar yang bekerja ke luar negeri.

Milineal Juara adalah Program ini adalah program yang bertujuan mempersiapkan Provinsi Jawa Barat yang akan segera masuk ke dalam  era Internet of Things danera teknologi 4.0 terdiri atas beberapa  rumpun kegiatan utama yaitu,  :  1. Mengaktifkan Komite pelatihan Vokasi daerah yang merupakan program kementerian tenaga kerja di daerah 2. Melakukan restrukturisasi dan reorganisasi 2 balai latihan/ketenagakerjaan yang dimiliki Disnakertrans yaitu BLK Mandiri dan BLK Kompetensi. 3 Memfungsikan BLK Kompetensi sebagai BLK untuk menyelengarakan pendidikan-pendidikan vokasi jabatan dalam era teknologi 4.0 dan era Internet og Things juga akan dibangun Silicon Valey di lokasi BLK Kompetensi 4. Memfungsikan BLK Mandiri khusus untuk mengembangkan pelatihan kewirausahaan termasuk agar kaum milineal dapat memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk memulai Start Up Company. 5 Membangun Network Lembaga keuangan terutama Angel Investor untuk keperluan dukungan pendanaan bagi Start Up Company 6. Menyelengarakan Job Expo untuk Kaum Milenila tandasnya.(dh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *