Ridwan Kamil Merekomendasi Liburan Seru di Sungai Citumang

KAB. PANGANDARAN.SJN COM,-Tak hanya soal pantai, Kabupaten Pangandaran punya Sungai Citumang, lokasi menarik lainnya khususnya bagi penyuka wisata yang memacu adrenalin.

Citumang pun menarik beragam kalangan untuk hadir, mulai dari mahasiswa, pegawai kantoran, ibu-ibu, hingga anak-anak.

Dan, pada Jumat (27/9/19), giliran Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil ini mencicipi serunya berbagai kegiatan outdoor di Citumang.

Turut hadir menemani Emil di Citumang adalah sang istri Atalia Praratya, Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum, Pj. Sekretaris Daerah Jabar Daud Achmad, serta rombongan Pejabat Eselon II dan para awak media yang tergabung di Pokja Gedung Sate.

“Hari ini saya sangat bergembira, bersama warga, pers, dan para pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat setelah melakukan rapat kerja kami berwisata di sungai Citumang,” ucap Emil.

“Sungai sangat jernih, warnanya biru ke hijau-hijauan, kemudian airnya mengalir dengan tenang,” katanya.

Adapun agenda pertama yang dilakukan rombongan gubernur sesampainya di kawasan Citumang adalah menikmati terapi ikan di kolam ikan nilam berukuran kecil yang memakan sel-sel kulit mati di kaki.

Setelah terapi ikan, Emil dan rombongan menjajal kegiatan body rafting dengan lebih dulu meregangkan otot agar tubuh tidak kram serta berdoa bersama agar kegiatan berjalan lancar.

Selama body rafting, para peserta bisa melihat gua stalaktit juga pepohonan dengan akar menjalar di tepian gua yang dijadikan sebagai pijakan untuk naik dan turun.

Tak mau kalah dari wisatawan lainnya, Emil ikut melompat ke air dari ketinggian 7 meter. Selain melompat, ada pula wisatawan yang bergelantungan layaknya Tarzan.

“Juga ada perbedaan level, ada yang loncat dua meter, tiga meter, tujuh meter, dan ini sangat recommended untuk berwisata air bersama keluarga,” seru Emil.

“Ini menandakan Pangandaran banyak sekali potensi wisata, ada pantainya yang sangat terkenal kita semua tahu, ada air terjun, ada Cijulang, dan ini adalah Citumang,” tambahnya.

Sementara di arus air yang tenang, Emil dan rombongan membentuk formasi kereta dan mengambang mengikuti arus air. Begitu tiba di bendungan, rombongan mengubah formasi jadi lingkaran, lanjut kembali membentuk formasi kereta di etape terakhir.

Keseruan pun memancar. Aktivitas outdoor di air ini dilakoni Emil dan rombongan sembari tertawa dan bernyanyi.

“Pokoknya Citumang sangat recommended, ditunggu keluarga Jawa Barat untuk berwisata di Kabupaten Pangandaran,” ujar Emil.

“Semua destinasi wisata akan kita evaluasi, intinya dalam misi Jabar Juara semua destinasi wisata akan kita perbaiki satu per satu hingga semuanya nanti berstandar internasional,” katanya mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *