Ratusan Siswa Tanam Pohon di Wetland Park Cisurupan

BANDUNG,SJN COM,-Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) menanam pohon di kawasan di Wetland Park Cisurupan, Kecamatan Cibiru, jumat (27/9/2019). Mereka menanampohon bersama dengan Anggota Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 22.

Para siswa tersebut di antaranya berasal dari SMPN 30, SMPN 20, SMPN 21, SMPN 29 Kota Bandung SMA Krida Nusantara. Mereka menanam Ketapang Kencana dan Tamanan Soka. Selain itu, mereka juga menanam tanaman palawija seperti  jagung dan kacang – kacangan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang turut hadir di acara tersebut mengatakan, ini bagian dari edukasi kepada siswa siswi untuk lebih memahami cara menanam pohon dan memelihara lingkungan.

“Kita berikan edukasi kepada mereka, bagaimana cara menanam, memberikan air kepada tanaman. Intinya sambil belajar mereka harus memahami,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kegiatan tersebut menjadi perhatian bahwa lingkungan harus dijaga. Pasalnya, menjaga lingkungan merupakan tugas semua warga Kota Bandung.

“Kegiatan ini juga agar mereka paham bahwa lingkungan harus dijaga. Maka partisipasi mereka menjadi hal yang penting,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3), Dadang Darmawan mengatakan, beberapa tanaman yang ditanam seperti, tanaman Ketapang Kencana dan Soka. Di samping itu, terdapat juga beberapa palawija dan biji-bijian.

“Kita menanam beberapa jenis tanaman hias, seperti Sebe, ada Soka Holland. Kemudian juga beberapa biji palawija ada jagung, kacang-kacangan. Untuk arena ini (Wetland bagaian atas) khususkan tanaman hias. Sementara palawija di lokasi lain agar tidak tercampur,” jelasnya.

Dadang mengungkapkan, para siswa menanam sekitar 1.500 tanaman. Sementara untuk biji-bijian itu satu kilogram seperti jagung.

Sedangkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, ini merupakan bagian dari penghijauan kawasan Wetland Park Cisurupan. Sebelumnya telah ditaman beberapa pohon besar.

“Kali ini tanaman hias ya, sebelumnya kan sudah kita tanam beberapa pohon besar,”katanya.

Salah seorang peserta, Ibrahim Hariz Prawira Avrillia Tresna (14) siswa kelas 8 SMP mengaku senang bisa ikut andil pada kegiatan ini.

“Aku senang, bersama teman-teman jadi tahu caranya menanam. Mulai dari menggali tanah, menanam pohon, dan diberi air. Saya harap lokasi ini bisa asri ketika tamanan ini tumbuh besar,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *